Senin 02 Januari 2023, 17:58 WIB

Jika PKB Bergabung, NasDem: Anies Bakal Diusung 'Koalisi Gocapan'

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Jika PKB Bergabung, NasDem: Anies Bakal Diusung

MI/M Taufan SP Bustan
Anies Baswedan

 

PARTAI NasDem menyambut baik wacana kerja sama politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu bakal memperkuat pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

"Kalau bergabung PKB itu ya dua ratusan lebih lah kursinya," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Kekuatan tersebut terdiri dari jumlah kursi yang dimiliki NasDem, Demokrat, PKS, dan PKB di parlemen. Masing-masing partai berhasil mengirimkan 50 lebih kadernya di lembaga legislatif pusat periode 2019-2024.

"Itu partai 50-an semua, NasDem 59 (kursi), PKB 58, Demokrat 54, PKS 50. Partai 50-an, partai gocap, koalisi gocap," ungkap dia.

Selain itu, Willy menyampaikan NasDem dan PKB memiliki hubungan baik. Sebab, mereka memiliki rekam jejak dalam pengusungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2014 dan 2019.

Baca juga: Ketua Majelis Syuro PKS dan Surya Paloh bakal Bertemu

"Nasdem dan PKB itu saudara lama, artinya dalam dua pilpres menjadi kawan koalisi. Tidak asing dan komunikasi dengan PKB juga bagus," sebut dia.

Dia menilai wacana tersebut sebagai ide yang bagus. Apalagi Koalisi Perubahan bukan kerja sama politik yang eksklusif untuk NasDem, Demokrat, dan PKS.

"Prinsipnya Koalisi perubahan kan bukan koalisi yang eksklusif ya, tapi yang inklusif," ujar dia. (OL-4)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya