Minggu 01 Januari 2023, 21:55 WIB

PDIP Masih Belum Lihat Urgensi Segera Usung Nama Capres

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
PDIP Masih Belum Lihat Urgensi Segera Usung Nama Capres

DOK MI
Ilustrasi

 

PENGAMAT politik, Firman Noor menilai PDI Perjuangan (PDIP) hingga kini masih belum melihat urgensi untuk mengusung nama calon presiden 2024 mendatang.

Hal itu menanggapi adanya prediksi bahwa PDIP bakal melenggang solo ke Pilpres. Hal itu juga diperkuat oleh sikap PDIP yang santai dalam menentukan calon presidennya. 

Bahkan, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut PDIP akan mengumumkan sosok capres pada 2023, tanpa merinci bulannya. "Jadi, saya kira PDIP masih belum melihat ada satu urgensi untuk buru-buru mengusung nama atau membangun koalisi," papar Firman kepada Media Indonesia, Minggu (1/1/2023).

"Tapi tidak berarti partai ini tidak melakukan perhitungan-perhitungan saya kira itu tetap mereka lakukan," tambahnya.

Firman melihat PDIP tetap melakukan pendekatan ke partai lain meski tak terlihat manuvernya seperti parpol lain. "Tak terlihat bukan berarti partai ini diam dan kedap suara. Saya kira PDIP sedang membangun perhitungan-perhitungan politik," tuturnya.

Menurutnya, sampai saatnya tiba, PDIP akan muncul dengan satu keputusan politik yang telah disepakati oleh seluruh anggota parpol. "Karena inikan diberikan hak sepenuhnya kepada bu Mega selaku ketum parpol," ucapnya.

Firman melihat PDIP bukan tak berani mencalonkan Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi calonnya untuk bersaing dalam pesta demokrasi 2024 mendatang. Firman berpendapat PDIP masih mencari cara untuk untuk memenangkan kontestasi dan kepentingan agar bisa benefit atau mendapatkan posisi yang paling baik dalam Pemilu 2024. (OL-15)

Baca Juga

AFP

Indonesia Siap Lebih Banyak Negosiasi CoC untuk Laut China Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:02 WIB
INDONESIA siap menggelar lebih banyak perundingan dan negosiasi mengenai kode tata perilaku (Code of Conduct/CoC) Laut China Selatan...
ADEK BERRY / AFP

Menhan Prabowo Perkuat Kerja Sama Pertahanan dengan Turki

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:52 WIB
MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi Menhan Turki Halusi Akar di Bakanliklar, Ankara, Turki, dalam rangka menindaklanjuti...
MI / ADAM DWI.

KSP: Masih ada Perang Ukraina-Rusia Perppu Ciptaker tetap Dibutuhkan

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:10 WIB
Meskipun pandemi Covid-19 telah mereda, Edi menjelaskan masih ada konflik antara Rusia dan Ukraina yang hingga saat ini masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya