Jumat 30 Desember 2022, 18:58 WIB

Hasil Survei Tunjukkan Erick Thohir Konsisten Jadi Cawapres Terkuat

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Hasil Survei Tunjukkan Erick Thohir Konsisten Jadi Cawapres Terkuat

AFP/Akbar Nugroho Gumay
Menteri BUMN Erick Thohir saat berbicara pada Forum G20 Indonesia di Bali.

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tampil konsisten menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat di bursa pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan temuan nasional terbaru dari lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), ia memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon orang nomor dua di Indonesia.

Terekam survei tersebut, Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar sebesar 19,2%. Sedangkan kandidat lainnya seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di bawah eks Presiden klub sepak bola Italia Inter Milan tersebut.

Dalam survei itu, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas sebesar 16,1%. Sementara AHY hanya di angka 4,1%.

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menyatakan elektabilitas Erick Thohir terus terdongkrak lantaran berbagai faktor. Faktor tersebut di antaranya menjadi menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo serta memiliki rekam jejak yang luar biasa sebagai Menteri BUMN.


Baca juga: Miliki Banyak Keunggulan, Tingkat Keterpilihan Erick Thohir sebagai Cawapres Tinggi


"Selain kedekatan dengan Presiden Jokowi, kinerja di BUMN juga menjadi faktor tingginya elektalibitas Erick Thohir," terang Igor.

Igor menerangkan, SPIN melakukan survei pada 1-10 Desember 2022 di 34 provinsi Indonesia dengan jumlah responden 1.230 orang. Teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling dengan margin of error +- 2,8%, dan teknik pengambilan data wawancara langsung serta bantuan kuesioner.

Sebelumnya, Erick Thohir terekam memiliki elektabilitas di posisi teratas oleh lembaga survei Poltracking Indonesia. Di dalam survei Poltracking, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut memiliki elektabilitas sebesar 16,2%.

Sedangkan, Ridwan Kamil dan AHY mengikuti di belakang Erick Thohir dengan elektabilitas sebesar 15,1% serta 12,0%. Poltracking melakukan survei pada 21-27 November 2022 di 34 provinsi Indonesia dengan jumlah responden 1.220. Teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling, margin of error +- 2,9%, dan teknik pengambilan data wawancara langsung serta bantuan kuesioner. (RO/OL-16)

Baca Juga

Antara

Auditor Sebut Laba Duta Palma Kurang dari Rp2 Triliun Sejak 2004

👤Mediainonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 02:03 WIB
Florus menjabarkan akumulasi keuntungan tersebut, yakni Rp 1,3 triliun muncul dari sisi laporan laba...
Antara/Sigid Kurniawan.

Survei: 65% Pemilih PKS Pilih Anies Baswedan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:58 WIB
Salah satu yang diulas yakni kecenderungan pemilih Partai Keadilan Sejahtera...
Antara

Jelang Pemilu 2024, Polri: Terorisme Masih Jadi AncamanĀ 

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:41 WIB
Polri melalui Densus 88 Antiteror terus melakukan upaya preventive strike, yang bertujuan mencegah tindak pidana terorisme saat pesta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya