Sabtu 10 Desember 2022, 15:53 WIB

Hasil Mukernas MUI : Memilih Pemimpin dalam Pemilu 2024 Bagian dari Ibadah

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Hasil Mukernas MUI : Memilih Pemimpin dalam Pemilu 2024 Bagian dari Ibadah

Dok. MUI
Pengumuman hasil Mukernas MUI

 

MUSYAWARAH Kerja Nasional (Mukernas) II Majelis Ulama Indonesia (MUI) menekankan pentingnya ibadah sebagai dasar dalam memilih calon pemimpin dalam gelaran Pemilu 2024. Pemilihan didasarkan prinsip ketuhanan yang maha esa sebagai salah satu fondasi bernegara.

"Jadi ketika memilih sebuah pemerintahan nanti, memilih presiden, memilih wakil-wakil rakyat sebgai anggota DPR atau MPR, semuanya ini adalah dalam rangka ibadah mengikuti perintah Allah untuk bagaimana bernegara dan berbangsa sesuai dengan kesepakatan bersama," kata Wakil Ketua MUI Marsudi Syuhud, Sabtu (10/12).

Selain itu, Mukernas menyoroti peran media massa dalam Pemilu 2024. Menurut dia, pers memiliki kewajiban memuat berita sesuai fakta dan menyampaikannya kepada publik, sesuai Ayat 11 Surat Ad-Dhuha dalam kitab suci Quran.

"Kewajiban kita bahwa kita harus ngomong sesuai fakta dan nyatanya, maka membuat berita hoaks atau bohong pasti dilarang oleh agama," ujar Marsudi.

Baca juga : Zulhas Akui Kepuasan Publik Sejalan demgan Kinerja Jokowi

Rekomendasi soal Pemilu 2024 dibahas dalam rapat Komisi C Mukernas pada Jumat (9/12). Salah satunya, menegaskan Pemilu 2024 mesti dijadikan momentum penting bagi tahap konsolidasi untuk mencapai kematangan demokrasi Tanah Air. Tujuannya, agar terbangun sistem demokrasi yang semakin berkualitas dan melahirkan pemerintahan yang kompeten.

MUI menyadari tantangan konsolidasi demokrasi marak diwarnai politik uang maupun politisasi berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang berujung pada polarisasi masyarakat. Sehingga, MUI mendorong pemerintah memetakan dan menentukan langkah-langkah strategis sebagai upaya merudiksi prkatik politik uang serta menjunjung tinggi prinsip jujur, bebas, adil, dan etis.

Selain pemerintah, hasil rekomendasi Mukernas MUI juga ditujukan kepada penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan DKPP. Lembaga penyelenggara pemilu didorong untuk bekerja independen dan imparsial. Di sisi lain, peserta pemilu, baik partai politik maupun calon peserta perseorangan, diminta berkompetisi secara sehat. (/OL-7)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir Cawapres Potensial Besar Raih Hati Pemilih Milenial

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:32 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak mendapat perhatian pemilih muda alias...
MI/Emir

Wapres akan Hadiri Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU di Jatim

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:00 WIB
Salah satu rangkaian Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU adalah Muktamar Internasional I Fikih Peradaban, yang akan dibuka Wapres pada...
DOK MI

Duet Ganjar-Erick Sosok Pimpinan Yang Saling Melengkapi

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:25 WIB
KOMBINASI Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir selalu menjadi idaman masyarakat Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya