Kamis 10 November 2022, 11:33 WIB

Rakernas PUAN Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres dari PAN

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Rakernas PUAN Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres dari PAN

Ant/Indrianto Eko Suwarso
Suasana penutupan Rakesnas PAN

 

NAMA Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir muncul dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perempuan Amanat Nasional (PUAN) di Kantor DPP PAN, Jakarta, pada Rabu (9/11) malam.

Erick yang datang dengan batik berwarna biru duduk di antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. Dalam Rakernas tersebut, PUAN mengusulkan PAN memajukan Erick sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan siap menampung aspirasi dari para PUAN yang bersepakat mendukung Erick sebagai Cawapres 2024. Zulhas mengatakan dirinya sejak lama memiliki kedekatan khusus dengan Mantan Presiden Inter Milan tersebut.

"Ya kan memang saya dekat kok (dengan Erick). Orang Pak Erick teman saya, satu kampung juga, ya sudah seperti keluarga," ujar Zulhas.

Sementara itu, Ketua Umum PUAN Intan Fauzi mengatakan agenda Rakernas PUAN memiliki prioritas dalam pembahasan pemenangan PAN untuk Pemilu 2024.

"Bagaimana cara kita memenangkannya ya tentu target-target kalau PAN mencapai 64 kursi, insyaallah perempuannya itu tidak kurang dari 30 persen ya," ucap Intan.

Selain Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, Rakernas PUAN juga dihadiri Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sigit Purnomo atau Pasha, dan Uya Kuya.

Usulan PUAN kian menguatkan sinyal PAN dalam mengusung Erick di 2024. Sebelumnya, sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) memasukkan nama Erick sebagai salah satu bakal calon presiden (capres) dan cawapres mereka untuk Pilpres 2024.

DPW PAN Bali, misalnya, mengusulkan enam nama, termasuk Erick Thohir, sebagai bakal capres. Keenam nama itu ditetapkan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPW PAN Bali pada Selasa (28/6). DPD PAN Kota Banjar, Jawa Barat, juga memasukkan nama Erick Thohir sebagai salah satu bakal capres yang akan mereka usulkan ke DPW PAN Jawa Barat.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto juga menyebut nama Erick masuk dalam daftar bakal capres atau cawapres PAN yang berasal dari luar partai.

"Kalau di luar internal ada Ganjar, Anies, Erick. Nah ini yang mesti kita ramu nanti kan nggak mungkin kita usung semua akan tutup pasti satu capres, satu cawapres," kata Yandri.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi acara Rakernas PUAN. Erick menilai hal ini menjadi wujud keberpihakan PAN terhadap perempuan.

"Acaranya bagus karena PAN sangat peduli pada gerakan perempuan. Tadi saya sampaikan penduduk Indonesia itu 134 juta ialah perempuan yang mana usia di bawah 15 tahun ada 32 juta dan 102 juta di atas 15 tahun," ujar Erick usai acara Rakernas PUAN.

Artinya, ucap Erick, perlu ada pergerakan dan perlindungan untuk para perempuan. Erick menyebut PAN bisa menjadi partai terdepan yang melindungi perempuan dalam isu-isu mengenai ksehatan ibu dan anak, pendidikan, kesetaraan gender, hingga kesempatan bekerja.

"Ini jadi potensi yang luar biasa. Apalagi kalau kita lihat 51 juta perempuan adalah kaum produktif, yang mana 29 persen itu usahawati, 24 persen bergerak di pertanian, 21 persen bekerja produktif di usaha pabrik dan lain-lain. Perlindungan mereka harus dilakukan dan tadi saya sampaikan, kalau perjuangan PAN dengan dengan PUAN-nya, saya siap mendampingi dan mengawal," kata Erick. (OL-13)

Baca Juga: Berpotensi Maju Cawapres, Erick Thohir Dinilai Tanpa Catatan Negatif

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ampelsa

Tiba di Padang, "Anies Presidenku" menggema di Bandara Internasional Minangkabau

👤Andromeda dan Fajri Fatmawati 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:46 WIB
SAMBUTAN histeris mewarnai kedatangan Anies Baswedan bakal calon presiden Partai NasDem tiba di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pukul...
MI/Henri

Badan Otorita Klaim 21 Negara tertarik Investasi di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:11 WIB
Ia mengatakan, dengan banyaknya investor asing bisa merealisasikan target 80% pembiayaan IKN yang berasal dari...
MI/M Taufan SP Bustan

NasDem Berharap Pemda Dukung Kegiatan Pendidikan Politik bagi Publik

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 17:25 WIB
Politisi NasDem Effendy Choirie (Gus Choi) menjelaskan NasDem memiliki kewajiban untuk mengenalkan Anies Baswedan sebagai bacapres 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya