Selasa 08 November 2022, 16:57 WIB

Survei Indekstat: Duet Ganjar-Erick Thohir Unggul Di Simulasi Tiga Pasangan

Widhoroso | Politik dan Hukum
Survei Indekstat: Duet Ganjar-Erick Thohir Unggul Di Simulasi Tiga Pasangan

DOK MI
Ganjar Pranowo (kanan), Erick Thohir (kiri)

 

HASIL survei Indekstat Indonesia menunjukkan pasangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN RI Erick Thohir unggul dalam simulasi Pilpres 2024 mendatang. Duet Ganjar-Erick memperoleh elektabilitas sebesar 32 persen.

Sedangkan duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto-Ketum PKB Muhaimin Iskandar memperoleh elektabilitas sebesar 26,,7 persen dan duet Anies Baswedan–Agus Harimurti Yudhoyono berada di tempat ketiga dengan angka 22,9 persen.

"Dalam simulasi 3 pasangan, elektabilitas Ganjar dan Erick paling tinggi dibandingkang Prabowo-Muhaimin dan Anies–AHY," jelas keterangan survei opini publik Indekstat Indonesia dengan tema “Kondisi Sosial Politik dan Kepemimpinan Nasional: 1 Tahun menjelang Kampanye Resmi Pemilu 2024”. 

Dijelaskan, pasangan Ganjar-Erick Thohir unggul di lima wilayah Indonesia yaitu Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Kemudian lima wilayah tersebut disederhanakan menjadi tiga yakni Jawa, Bali Nusa dan Maluku Papua.

Di Jawa dan Bali Nusa, Ganjar-Erick Thohir tidak terkejar dengan elektabilitas sebesar 39,1 persen dan 46,7 persen. Kemudian pasangan Prabowo– Muhaimin dan Anies–AHY kompetitif di pulau Jawa dengan masing-masing elektabilitas 25,9 persen dan 22,5 persen.

Sedangkan untuk Bali Nusa, elektabilitas Prabowo–Muhaimin hanya di angka 10 persen dan Anies–AHY di angka 21,7 persen. Sedangkan di wilayah Maluku Papua, Ganjar-Erick Thohir semakin jauh meninggalkan pesaingnya dengan elektabilitas sebesar 36,7 persen disusul Prabowo– Muhaimin serta Anies–AHY dengan elektabilitas sebesar 30 persen dan 23,3 persen.

"Ketika Ganjar dan Erick Thohir berpasangan, cenderung unggul di Jawa, Bali Nusa dan Maluku Papua," jelas Indekstat dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/11).

Lebih jauh, lembaga Indekstat kembali membedah perolehan suara Ganjar-Erick Thohir di Pulau Jawa. Duet tersebut terlihat unggul mutlak di daerah Jateng dengan elektabilitas sebesar 71,2 persen dan di Jatim unggul bersaing bersama pasang Prabowo-Muhaimin di angka 36,3 persen dan 30 persen.

Indekstat juga mengungkapkan referensi dari pemilih Ganjar–Erick Thohir adalah pendukung PDI Perjuangan serta PKB. Sebanyak 64,2 persen pendukung PDI Perjuangan memilih Ganjar–Erick Thohir dan 48,6 persen pendukung PKB memilih Ganjar–Erick Thohir.

Deputi Direktur Eksekutif Indekstat, Rikola Fedri menyatakan Ganjar cenderung unggul ketika berpasangan dengan Erick Thohir dalam simulasi Pilpres 2024. “Indekstat juga melakukan survei tentang simulasi pasangan tokoh potensial calon presiden dan calon wakil presiden. Hasilnya, dalam beberapa skenario simulasi pasangan, Ganjar cenderung unggul terhadap pasangan lainnya ketika berpasangan dengan Erick Thohir," tutur Fedri. (RO/OL-15)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pernah Disebut Merugi Rp106 Triliun, Pengacara Bos Indosurya: Faktanya Rp16 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:50 WIB
“Jadi ahli mengatakan kerugiannya itu Rp16 triliun, bukan Rp106 triliun. Nah bahkan kalau mengacu pada data PKPU jadi kerugiannya...
Dok. DPR RI

Komisi III DPR Disebut akan Panggil BNPT Minta Klarifikasi soal Bom Astanaanyar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:18 WIB
Pihaknya akan menanyakan BNPT perihal program pembinaan deradikalisasi yang dijalankannya, termasuk koordinasi intelijen institusi tersebut...
Dok. DPR RI

Penyusunan Anggaran Berbasis Gender Ikut Berperan Wujudkan Demokrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:07 WIB
Praktik GRB dilakukan di Indonesia sejak 2009 melalui pendekatan sistem perencanaan dan penganggaran yang berperan sebagai alat untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya