Minggu 30 Oktober 2022, 14:05 WIB

Yenny Wahid Ingatkan Mahasiswa Tiga Tantangan Global

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Yenny Wahid Ingatkan Mahasiswa Tiga Tantangan Global

Dok. Istimewa
Direktur The Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid (kiri)Dekan Fisip UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto (kanan)

 

DIREKTUR The Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid mengingatkan masa keemasan Indonesia pada 2045 dapat tercapai jika memaksimalkan potensi para pemuda saat ini.

Ia menyerukan kepada para mahasiswa untuk menjadi kekuatan perubahan. "Masa keemasan itu dapat tercapai kalau bisa meletakkan fondasi yang benar di masyarakat, bisa memaksimalkan kontribusi dari anak-anak muda," katanya saat memberikan kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Jakarta.

Ia juga mengingatkan saat ini manusia menghadapi sejumlah tantangan, yakni disrupsi dalam hal teknologi, ekologi dan emosi atau ideologi.

Menurutnya, kemajuan teknologi tersebut pasti menghadirkan disrupsi yang tidak semuanya positif. Seperti hilangnya pekerjaan bagi banyak orang atau persoalan etika. 

Selain itu, persoalan ekologi seperti kenaikan suhu bumi, kelangkaan sumber daya dan energi, perpindahan sukarela maupun akibat perang dan konflik.

Kemudian, ideologi dalam hal politik mayoratarianisme dan supremasi identitas, politik identitas, persebaran narasi kebencian yang dimonetisasi, diskriminasi sosial dan terorisme

“Anak-anak mudalah yang menguasai industri digital, menjadi pionir inovasi lingkungan, dan menjadi pelopor bagi upaya membangun kebinekaan global,” tutur Yenny.

Sementara, Dekan Fisip UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto berpendapat, kampus harus berperan dalam upaya pembangunan dan penguatan ideologi nasional untuk menghadapi berbagai tantangan global. (Ant/OL-8)

Baca Juga

dok.PPP

Rapimwil Jateng, PPP Bahas Usulan Capres dari Kader Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:20 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) di Kota Semarang, Jateng. Rapimwil membahas capres...
MI/BAYU ANGGORO

KNPI Jawa Barat Solid Dukung Ketua DPP Ryano Panjaitan

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 27 November 2022, 06:35 WIB
Ketua KNPI Jabar Ridwanwasyah Yusuf mengatakan, peralihan ini didasari atas legalitas kepemimpinan Ryano Panjaitan di organisasi...
MI/M Irfan

Bawaslu RI: Gotong Royong Demi Cegah Kecurangan Pemilu 2024

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:04 WIB
BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyatakan bahwa pihaknya mengedepankan gotong-royong demi mencegah adanya kecurangan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya