Sabtu 29 Oktober 2022, 17:51 WIB

JK Sarankan Rakyat Ajukan Kriteria Calon Pemimpin yang Pantas Dipilih di Pemilu 2024

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
JK Sarankan Rakyat Ajukan Kriteria Calon Pemimpin yang Pantas Dipilih di Pemilu 2024

MI/Lina Herlina
Jusuf Kalla

 

MASYARAKAT disarankan memilih pemimpin yang bisa membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan bertindak adil. Menurut Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla atau JK, masyarakat sebaiknya tidak meributkan soal nama melainkan mengungkapkan kriteria apa saja yang harus dimiliki pemimpin Indonesia pada masa depan.

“Dari tujuan besar itu baru kita tetapkan kriteria. Ini tidak boleh main-main karena menyangkut 270 juta jiwa penduduk Indonesia," tegas JK usai menghadiri makan malam 70 tahun Kalla Group di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (28/10), malam.

Lebih lanjut JK merinci kriteria pertama yakni harus memiliki leadership atau kemampuan kepemimpinan yang kuat. Selanjutnya, calon pemimpin nantinya harus punya pengalaman.

"Karena tanpa pengalaman juga nanti susah," tambah Ketua DMI tersebut.

Kriteria ketiga, lanjutnya, adalah sosok yang memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuan intelektual yang cukup baik. Sedangkan kriteria keempat adalah memiliki trade record yang baik.

"Itu saja dulu. Boleh ditambah tapi tujuan utama kita yang bisa membawa bangsa ini lebih baik," katanya lagi.

Setelah kriteria dan syarat sudah ditetapkan, baru melihat sosok yang pantas di pilih pada pilpres 2024 mendatang. "Setelah itu baru kita melihat dan ukur siapa yang paling pantas dipilih," imbuhnya sambil menyebut nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

Ke depan, tambahnya, giliran masyarakat yang menilai dengan objektif soal kriteria dan nama calon presiden Indonesia pada 2024.

"Jangan dahulu anti ini anti itu. Kriterianya mana dahulu?" ujarnya.

Saat ditanya soal sosok yang mendekati kriterianya, JK enggan mengungkapkan. "Biarkan masyarakat saja yang menilai," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Yasonna: Malu Kita Masih Memakai Hukum Belanda

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:03 WIB
Yasonna menyampaikan pengesahan revisi KUHP dinilai sesuatu hal yang sangat urgent. Sebab, dianggap sebagai suatu kebanggaan bagi...
Ist

Ketua DPD Serap Aspirasi GMPG terkait Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:55 WIB
Ketua DPD akan menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah. Karena, amanat Presiden di KPU jelas mengatakan bahwa proses pemilu harus...
Dok.MI

Komnas HAM Soroti RKUHP yang Masih Masukkan Hukuman Mati

👤Mediaindonesia 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:48 WIB
Hal tersebut dinilai Komnas HAM bertentangan dengan Pasal 28 (A) UUD 1945, Pasal 9 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 tentang Hak Asasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya