Senin 05 September 2022, 17:27 WIB

Dukungan Masyarakat Menguat Jadi Modal Prabowo-Erick di Pilpres 2024

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Dukungan Masyarakat Menguat Jadi Modal Prabowo-Erick di Pilpres 2024

Dok MI
Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir

 

DUET Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi kandidat pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi versi Lembaga Survei Indonesia (LSI). 

Menurut pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing, temuan tersebut menunjukkan jika masyarakat menginginkan pasangan Prabowo-Erick Thohir untuk tampil di Pilpres 2024.

“Kita bisa simpulkan tingginya survei Prabowo dan Erick Thohir menunjukkan jika masyarakat menginginkan keduanya untuk tampil di bursa Pilpres 2024,” ujar Emrus, Senin (5/9/2022).

Ia mengatakan tingginya elektabilitas Prabowo-Erick Thohir juga menunjukkan keduanya berhasil menjalankan peran sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju. Baik Prabowo maupun Erick Thohir sukses menunjukkan kinerja terbaik di masing-masing lembaga yang dipimpin.

Seperti halnya, Prabowo Subianto yang berhasil memperkuat sistem pertahanan Indonesia melalui pembaharuan alutista. Erick Thohir banyak berkontribusi membantu masyarakat serta negara saat badai pandemi covid-19.

Erick juga gencar menyalurkan program penguatan ekonomi masyarakat seperti Program Mekaar dengan memberikan bantuan modal. Harapannya, masyarakat dapat bertahan dari kemunduran ekonomi akibat pandemi. 

Keduanya juga bekerja sama untuk menjamin dana pensiun bagi melalui perbaikan PT Asabri.

“Masyarakat melihat, mencatat bagaimana kedua figur ini bekerja sebagai menterinya Pak Jokowi. Tingginya elektabilitas duet Prabowo-Erick Thohir bisa diartikan sebagai keberhasilan keduanya memimpin Kementerian Pertahanan dan Kementerian BUMN,” jelas Emrus.

Untuk informasi, LSI mencatat duet Prabowo-Erick Thohir tak terkalahkan pada simulasi tiga pasangan capres cawapres. Dari dua kali simulasi yang dilakukan, Prabowo-Erick Thohir selalu menempati posisi dengan elektabilitas teratas.

Simulasi pertama Prabowo-Erick Thohir digdaya dengan elektabilitas 37,8 persen. Kemudian disusul Ganjar-Puan 28,2 persen dan menguntit di belakangnya ada pasangan Airlangga-Ridwan Kamil dengan elektabilitas 16,8 persen.

Selanjutnya pada simulasi kedua, duet Prabowo-Erick Thohir kembali menempati posisi puncak dengan elektabilitas 37,6 persen. Keduanya mengungguli pasangan Ganjar-Sandiaga dengan 32,2 persen dan di posisi terbawah ada pasangan Airlangga-Ridwan Kamul dengan 14,9 persen.

Survei ini digelar pada 13-21 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.220 responden. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error (MoE) 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Ant/OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Disanksi Demosi 4 Tahun, Mantan Kasubdit Ditreskrimum PMJ Ajukan Banding

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 28 September 2022, 23:01 WIB
Selain dijatuhkan sanksi demosi selama empat tahun, pimpinan Sidang KKEP juga menjatuhkan sanksi etika bahwa perbuatan pelanggar dinyatakan...
Antara

Prabowo: Kita Perlu TNI dan Polri yang Kuat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 September 2022, 22:35 WIB
Hal itu ditekankan Menhan Prabowo saat mengunjungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Mabes Polri pada Rabu (28/9)...
MI/Barry F

MA Jalankan Saran KPK untuk Cegah Korupsi di Lembaga Peradilan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:58 WIB
KARO Humas dan Hukum MA Sobandi mengatakan lembaganya langsung berbenah serta segera melaksanakan saran dan masukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya