Sabtu 03 September 2022, 18:24 WIB

Tren Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Diprediksi Terus Meningkat

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Tren Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Diprediksi Terus Meningkat

Antara
Menteri BUMN Erick Thohir

 

GURU Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan memprediksi tren elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) bakal terus meningkat. Ia menilai Erick sebagai cawapres paling potesial untuk menghadapi Pilpres 2024.

Hotman mengatakan analisa tersebut mengacu pada berbagai survei mengenai elektabilitas capres dan cawapres untuk Pemilu 2024. 

Terbaru, Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil terbaru temuan elektabilitas cawapres di Pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas Erick Thohir bertengger di posisi atas dengan menyentuh angka 10,8 persen.

Begitu juga dengan lembaga survei ASI yang menyatakan Erick Thohir adalah kandidat capres-cawapres paling potensial dari kluster menteri dengan elektabilitas 22,2%. Angka elektabilitas ini lebih tinggi dari Sandiaga Uno yang telah mengikuti kontestasi demokrasi sebelumnya. 

Hotman memprediksi di sisa waktu menuju Pilpres 2024 ini Erick Thohir mampu terus menunjukkan performa positif ebagai seorang figur pemimpin seiring tren elektabilitasnya yang kian moncer.

“Posisi Erick Thohir sebagai cawapres juga sangat signifikan kenaikannya dalam berbagai survei. Saya kira dalam sisa waktu satu setengah tahun ini posisi Erick Thohir akan makin moncer,” ujar Hotman.

Hotman juga melihat jika tren baik elektabilitas Erick Thohir dipengaruhi oleh kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo. Sebab menurutnya, Presiden Jokowi memiliki basis massa yang kuat dan loyal.

“Posisi Erick Thohir memang makin menjanjikan. Trennya merangkak naik. Saya kira salah satu faktornya adalah dekat dengan Presiden Jokowi,” kata Hotman.

Ia menambahkan, banyak partai yang ssiap mengusungnya untuk maju di Pemilu 2024.

“Kinerja Erick Thohir juga makin hari makin baik. Sehingga figurnya makin dilirik oleh berbagai pihak seperti NasDem, PAN bahkan PDIP,” pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Barry F

MA Jalankan Saran KPK untuk Cegah Korupsi di Lembaga Peradilan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:58 WIB
KARO Humas dan Hukum MA Sobandi mengatakan lembaganya langsung berbenah serta segera melaksanakan saran dan masukan...
ANTARA

Polri Serahkan Para Tersangka Kasus Brigadir J pada 3 Oktober

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 28 September 2022, 21:58 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa pelimpahan tahap dua ini akan dilakukan di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta...
dok.Gemas NU

Kasus 'Kardus Durian', Gemas NU Minta KPK Tangkap Cak Imin

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:40 WIB
RATUSAN orang yang tergabung dalam aliansi Gerakan Mahasiswa dan Santri Nusantara datangi gedung KPK, meminta segera menangkap Ketum PKB...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya