Senin 04 Juli 2022, 13:37 WIB

KIB Masih Buka Pintu untuk Partai Lain

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
KIB Masih Buka Pintu untuk Partai Lain

Antara
Airlangga Hartarto

 

KOALISI Indonesia Bersatu (KIB) masih membuka pintu bagi partai politik lain yang ingin bergabung.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/7).

"Pada dasarnya kita terbuka, sifatnya inklusif. Kita terbuka terhadap partai-partai lain dan komunikasi masih terus berjalan," ujar Airlangga.

Sejauh ini, ia mengatakan tiga partai yang sudah berada di dalam koalisi yaitu Golkar, PPP dan PAN masih belum membahas terkait sosok yang akan diusung sebagai calon presiden. Semua pihak, sambung Airlangga, masih fokus pada penyelarasan visi misi aliansi ke depan.

"Kita masih akan ada pembahasan mengenai visi misi ke depan. Sekarang masih akan membahas itu," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, pakar komunikasi politik Antonius Benny Susetyo berpandangan koalisi-koalisi yang telah terbentuk saat ini sejak awal tidak mempunyai semangat atau visi yang sama.

Penggabungan itu hanya sementara, terpaksa, semata-mata untuk memenuhi target ambang batas presidential threshold 20% di parlemen.

"Ini sebenarnya koalisi yang pragmatis, bukan koalisi yang punya visi untuk membangun dan memajukan suatu bangsa. Yang penting adalah mendapatkan kekuatan dan kekuasaan," tutur Benny.

Ia berharap, ke depan, situasi tersebut dapat berubah. Parpol-parpol yang berkoalisi harus betul-betul memiliki kepentingan untuk memajukan bangsa dan negara.

"Bukan cuma berebut kekuasaan. Parpol sebaiknya jangan berpolitik 'saya dapat apa', tetapi harus menghayati bahwa politik itu panggilan untuk menjadi pelayan publik," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Seno

Tanpa Petahana, Tingkat Kepuasan Tidak Berpengaruh dalam Pilpres 2024

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 18:01 WIB
Latar kepuasan terhadap pemerintahan saat ini tidak akan banyak berperan dalam Pilpres 2024. Pasalnya, Pilpres 2024 tidak akan diikuti...
MI/Susanto

Kejagung Usut Dugaan Menghalangi Penyidikan Korupsi Duta Palma

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:52 WIB
Inisial AD merujuk nama Adil Darmadi. Ia merupakan anak dari Surya Darmadi yang sebelumnya juga pernah diperiksa sebagai saksi pada Kamis...
dok.ant

Ray Rangkuti Prediksi PPP Terpecah Akibat Permasalahan Ketumnya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:10 WIB
PENGAMAT Politik Ray Rangkuti menyebut Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan kehilangan banyak suara akibat permasalahan ketua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya