Kamis 09 Juni 2022, 05:27 WIB

Kerja Sama Bidang Ekonomi Dorong Daya Saing Daerah

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kerja Sama Bidang Ekonomi Dorong Daya Saing Daerah

Ist
Rapat Asistensi Peningkatan Daya Saing Daerah melalui Kerja Sama di Bidang Ekonomi pada pariwisata di Kawasan Bromo Tengger Semeru di Malang

 

DIREKTUR Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri, Dr. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos., M.Si. membuka acara Rapat Asistensi Peningkatan Daya Saing Daerah melalui Kerja Sama di Bidang Ekonomi, yang memfokuskan pada pariwisata di kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS), di Hotel Aria Gajayana, Malang, Jatim.

Rapat dihadiri secara daring maupun luring oleh pejabat yang membidangi kerja sama di provinsi/kabupaten/kota di daerah yang menjadi daerah prioritas pariwisata (DPP) dan beberapa daerah lainnya, Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Pariwisata di kawasan BTS. 

Dalam keterangan pers, Rabu (8/6), Prabawa mengatakan, “Jika ingin mensejahterakan rakyat, maka kerja sama merupakan hal yang terelakkan."

"Jika ingin melakukan kerja sama maka kita harus melakukan tiga hal, yakni memiliki banyak teman, bermain yang jauh dan memanfaatkan teknologi," jelasnya.

"Selain itu juga, diperlukan kepedulian terhadap sekitar untuk menangkap permasalahan yang perlu diindentifikasi, dimana hal tersebut  yang nantinya dapat dibuat peta kerjasamanya,” kata Prabawa.

Baca juga: Kemendagri Tekankan Kolaborasi Pengelolaan KSN Kedungsepur

Dalam pengembangan pariwisata, Mulyanto Sub Koordinator Strategi Perancangan Destinasi Wilayah Tematik, Kemenparekraf menjelaskan Kemenparekraf memiliki tiga strategi yang dikenal dengan istiilah 3G, yaitu pertama Gerak Bersama yakni Kemenparekraf bergerak bersama-sama memanfaatkan  semua potensi untuk membangkitkan dan  mempertahankan industri pariwisata.

Kedua Garap Semua Potensi Lapangan Usaha yakni Gaspol diimplementasikan oleh Kemenparekraf  melalui berbagai program kerja yang diharapkan  dapat menggarap semua potensi sehingga mampu  membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi  masyarakat.

"Ketiga Gerak Cepat yakni Kemenparekraf bergerak cepat memberikan bantuan  insentif yang berpihak kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, tepat sasaran, tepat manfaat, dan  tepat waktu.” ujar Mulyanto.

Dalam asistensi diungkap beberapa permasalahan yang dihadapi dalam proses pembentukan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama (PKS) di kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS), antara lain:

1.      Daerah di kawasan BTS tidak memiliki plafon kerja sama dalam bidang perencanaan dan  anggaran.   
2.      Kurangnya dukungan anggaran pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam pengembangan kawasan BTS .
3.      Kawasan Bromo yang dikenal hanya Probolinggo.
4.      Tidak adanya event pariwisata bergilir di kawasan BTS untuk memperkenalkan seluruh daerah di kawasan BTS.
5.      Masih adanya ego daerah yang mengesampingkan peningkatan ekonomi suatu kawasan.
 
"Dengan adanya beberapa permasalahan tersebut di atas, maka Kemendagri dalam hal ini akan melakukan koordinasi dan fasilitasi," jelas Prabawa.

"Guna menyamakan persepsi kerja sama di Kawasan BTS dengan mendukung lahirnya kesepakatan bersama dan Perjanjian Kerja Sama di Kawsan BTS.," tambahnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR: Tiga DOB Papua Reduksi Kecemburuan Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:32 WIB
Pembentukan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua akan dapat mereduksi kecemburuan sosial yang berujung sebagai pemicu konflik yang...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Soal Kasus Brigadir J: Sikap Presiden Masih Sama, Ungkap Secara Transparan

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:11 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa sikap Presiden Joko Widodo atas kasus Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat tetap...
MI

KPU: Pencatutan Identitas Urusan Individual

👤Yakub Pryatama W 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:25 WIB
"Persoalan pencatutan NIK itu urusan individual. Kami fungsinya administratif. Kami menerima dokumen parpol yang juga ada pernyataan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya