Minggu 03 April 2022, 17:32 WIB

Survei Indikator Capres 2024 : Ganjar Teratas Kalahkan Prabowo

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Survei Indikator Capres 2024 : Ganjar Teratas Kalahkan Prabowo

dok.IPI
Tabel elektabilitas dari hasil suvei IPI terhadap tujuh nama calon presiden 2024.

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dalam survei calon presiden (capres) 2024 yang dilakukan Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Dari simulasi 7 nama capres, Ganjar berhasil memperoleh suara tertinggi dengan 27,6 persen.

7 nama tersebut antara lain Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Erick Thohir, Puan Maharani dan Airlangga Hartanto.

"Ganjar Pranowo yang mendapat perolehan 27,6 persen, sukses menyalip saingan terdekatnya Prabowo Subianto dengan 27,4 persen," ujar Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi, Minggu (3/4).

Sedangkan diposisi ketiga, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperoleh 22 persen. Anies konsisten berada dibawah Ganjar dan Prabowo di posisi ketiga.

Sementara di posisi keempat nama AHY muncul dengan 6,7 persen, Erick Thohir di posisi kelima dengan 2,4 persen, Puan Maharani dengan 1,8 persen, dan Airlangga Hartarto dengan 0,9 persen.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengatakan, dalam simulasi 3 pasangan, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memiliki perolehan tertinggi dengan 32,2 persen, disusul pasangan Prabowo-Puan 28,7 persen dan Anies-AHY 27,4 persen.

Mengerucut, pada simulasi 2 pasangan, Burhanuddin membeberkan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir masih memperoleh hasil tertinggi dengan 41,8 persen, disusul Prabowo-Puan di angka 39,0 persen.

"Dari simulasi 3 pasangan dan 2 pasangan, pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir memperoleh hasil yang tinggi," ungkap Burhanuddin.

"Pasangan saingan terdekatnya yaitu Prabowo-Puan berada di bawahnya Ganjar-Erick. Agak tipis perbedaannya. Sepertinya karena Ganjar dan Erick sering tampil di publik ya, jadi lebih dikenal," tambahnya.

Survei Indikator digelar pada 11-21 Februari 2022. Total responden survei tersebut berjumlah 1.200 orang dari seluruh provinsi di Indonesia secara proporsional.  Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan metode stratified multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (OL-13)

Baca Juga: Kakorlantas Optimalisasi PNBP ETLE Untuk Penegakkan Hukum

Baca Juga

DOK FRAKSI NASDEM

NasDem: Jokowi Punya Nyali Tinggi Kunjungi Rusia dan Ukraina

👤Putra Ananda 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:54 WIB
Keberanian Jokowi untuk berdialog dengan Zelenskyy dan Putin di tengah situasi perang merupakan sikap kenegarawanan yang baik bagi seorang...
ANTARA/Syaiful Arif

Kasus Covid-19 Meningkat, Wapres: Pakai Masker Lagi di Luar Ruangan

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:40 WIB
Pemerintah terpaksa memperketat berbagai kelonggaran yang didapat masyarakat saat kasus covid-19 menurun beberapa bulan...
ANTARA

Pimpinan Ponpes Jatim Serukan Erick Thohir Jadi Capres 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:35 WIB
PARA pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Timur (Jatim) mendorong Menteri BUMN RI Erick Thohir maju menjadi capres dalam pilpres 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya