Minggu 03 April 2022, 18:10 WIB

TPNPB-OPM Bantah Bunuh Sertu Eka dan Istri, Polri: Masih Lidik

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
TPNPB-OPM Bantah Bunuh Sertu Eka dan Istri, Polri: Masih Lidik

DOK MI.
Ilustrasi.

 

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-Organisasi Papua Merdeka (OPM) membantah bahwa mereka dalang penembakan Sersan Satu Eka Andriyanto dan istrinya di Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua, pada Kamis (31/3).

"Kami sampaikan kepada dunia dan Indonesia bahwa pembunuhan anggota TNI dengan istrinya di Kabupaten Yalimo itu bukan oleh anggota TPNPB. Kami menolak tuduhan media-media Indonesia yang dipublikasikan bahwa itu aksi TPNPB. Itu tidak benar," kata juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom.

Menanggapi hal itu, Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan menyatakan bahwa dari informasi yang diperoleh, pihak kepolisian masih melaksanakan penyelidikan. "Kemarin, Sabtu (2/4), baru selesai melaksanakan olah TKP," ucap Candra kepada Media Indonesia, Minggu (3/4).

Hal senada diungkapkan Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal. Kamal menerangkan Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz masih melaksanakan penyelidikan dan koordinasi dengan POM TNI Kodam Cindrawasih.

"Polisi lidik dan sidik sesuatu peristiwa itu harus untuk membuktikan ada perbuatan melawan hukum, siapa, kapan, dan di mana. Itu semua harus terjawab," pungkasnya. 

Baca juga: KKB Tewaskan 2 Prajurit TNI, Pemerintah Diminta Lakukan Operasi Keamanan Aktif di Papua 

Sebelumnya, TNI membawa peti jenazah Babinsa Koramil 1702-07/Kurulu Sertu Eka Adriyanto Hasugian bersama istri Sri Lestari Indah Putri untuk dimasukkan ke pesawat di Bandara Wamena, Papua, Jumat (1/4/2022). Sertu Eka bersama istri yang menjadi korban penembakan dan penyerangan orang tak dikenal (OTK) di Elelim Kabupaten Yalimo, Papua, pada Kamis (31/3/22) diterbangkan ke Jawa Timur untuk dimakamkan. (OL-14)

Baca Juga

Medcom.id

Sebanyak 13 Anggota Polri Terima Kenaikan Pangkat

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 30 September 2022, 13:59 WIB
SEBANYAK 13 perwira tinggi (Pati) Polri terima kenaikan pangkat setingkat lebih...
dok.knpi

Kapan Timsus Polri Telusuri Hubungan 'Kaisar' Sambo, Konsorsium 303, RBT dan YS, Ya?

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 30 September 2022, 12:50 WIB
KETUA Umum DPP KNPI, Haris Pertama, menyoroti kasus mafia judi konsorsium 303 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta di mana lokasi Markas...
Dok Setwapres

Wapres Minta Persidangan Sambo Dipercepat

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 30 September 2022, 12:25 WIB
Masyarakat saat ini berharap agar kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J cepat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya