Kamis 03 Maret 2022, 16:51 WIB

Hasto Kristiyanto Tegaskan PDIP Perjuangan Tetap Taat Konsitusi

Sri Utami | Politik dan Hukum
Hasto Kristiyanto Tegaskan PDIP Perjuangan Tetap Taat Konsitusi

ANTARA FOTO/ Reno Esnir
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

 

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan sikap partai berlambang banteng tersebut tetap sama untuk taat terhadap konstitusi.

Pernyataan ini menyawab kegaduhan akibat wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo dan penundaan pemilu 2024.

"Sikap PDIP masih tetap sama bahwa berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan negara kami bakal di jalan ketaatan konstitusi. Karena kontitusi lahir dari falsafah bangsa. Di situ dimaktubkan hukum dasar dan hukum dasar memilki roh dan tidak hanya melihat teks," ungkapnya.

Hasto yang hadir dalam rilis Surve Nasional Lembaga Survei Indonesia secara daring, Kamis (3/3) juga menekankan saat sumpah jabatan untuk menjalankan UUD, UU dan lainnya dalam konteks yang harus dilihat sehingga semua wajib taat terhadap konstitusi. Kemudian juga penting aspek legalitas kekuasaan melalui pemilu. Kedaulatan berada di tangan rakyat salah satunya melalui pemilu.

Baca juga: ICW: Penundaan Pemilu Potensial Lahirkan Rezim Otoritarian

"Dari survei tadi sudah menunjukan bagaimana mekanisme periodesasi menjadi kultur demokrasi sehingga dari seluruh elemen masyarakat juga memiliki keteguhan yang sama bahwa pemilu 5 tahun itu penting dan harus menjadi kultur demokrasi"

Selain itu keberlangsungan pemerintahan tidak ditentukan oleh orang perorang tapi dari sistem yang dibangun. "Negara tidak digerakan oleh ambisi orang perorang," jelasnya.

Di kesempatan yang sama dia mengungkapkan perihal orang-orang sekitar Jokowi yang ikut andil memunculkan wacana penundaan pemilu 2024. Jokowi memiliki sikap yang sama dengan PDI Perjuangan.

Hal telah ditegaskan Jokowi saat menolak perpanjangan masa jabatan presiden dan rencana amendemen Undang-Undang Dasar 1945 oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"Jadi orang di sekitar presiden ini, kami melihat tidak memahami kehendak presiden. Ketika kami menyampaikan sikap PDI Perjuangan, ini senafas dengan presiden," tukasnya. (Sru/OL-09).

Baca Juga

dok.pribadi

Pendeta Alberth Yoku: Tindakan Korupsi Lukas Enembe Tanggung Jawab Pribadi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 19:54 WIB
PENETAPAN Lukas Enembe (LE) menjadi tersangka oleh KPK mendapat dukungan dari sejumlah tokoh lokal Papua, salah satunya pendeta Alberth...
dok.ist

Pengamat: Kritikan SBY Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Asumsi Saja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 19:05 WIB
DIREKTUR Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kritik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY soal dugaan...
Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya