Sabtu 29 Januari 2022, 19:02 WIB

Zulhas Tegaskan Indonesia Tak Antiagama

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Zulhas Tegaskan Indonesia Tak Antiagama

Antara
Zulkifli Hasan

 

WAKIL Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan Indonesia sudah sepakat bukan sebagai negara agama dan menjadikan Pancasila serta UUD 1945 sebagai konsensus bernegara. Meski tak menjadikan agama sebagai dasar bernegara, bukan berarti Indonesia sekuler atau anti terhadap agama.

"Tanpa menjadikan agama sebagai dasar negara, tidak berarti Indonesia menjadi negara yang sekuler apalagi antiagama," ucap Zulhas menyampaikan pidato kebudayaan bertajuk Indonesia Butuh Islam Tengah digelar di Jakarta, Sabtu (29/1).

Zulhas menjelaskan sila pertama Pancasila berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa menjadi bukti kesadaran beragama selalu menjadi fondasi dalam bernegara sekaligus bintang penuntun dalam pelaksanaan keempat sila lainnya.

Dalam konsep Indonesia, imbuhnya, hubungan antara agama dan negara bersifat simbiotik, saling mengisi, sinergis, dan harmonis. Zulhas mengatakan agama telah menjadi falsafah landasan moral yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara meski tanpa menjadikannya sebagai hukum formal.

"Maka pikiran untuk menjadikan Indonesia sebagai negara agama hanyalah menunjukkan ketidakpahaman dalam memahami falsafah negara kita itu," ujarnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyoroti kecenderungan sebagian kalangan yang kembali mencoba membentur-benturkan negara dengan agama serta mempersoalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Zulhas menyatakan agama dan negara sama sekali tak bertentangan dan tak perlu lagi dipersoalkan. Indonesia sebagai negara demokrasi berpenduduk muslim terbesar di dunia sudah memilih untuk tidak menjadi negara agama.

"Pikiran untuk menjadikan Indonesia sebagai negara agama atau atau menawarkan konsep khilafah internasional adalah pikiran usang dan tak menghargai sejarah panjang pendirian bangsa ini," ungkapnya. (OL-8)

Baca Juga

Alexander Zemlianichenko / POOL / AFP

Jokowi dan Putin Banyak Berdiskusi Soal Pangan dan Pupuk

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 00:05 WIB
Presiden RI Joko Widodo banyak berdiskusi soal pangan dan pupuk dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow,...
MI/ Susanto

Kejagung Periksa Saksi terkait Korupsi Duta Palma Group

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:46 WIB
Pemeriksaan dalam penyidikan kasus dugaan korupsi pemanfaatan lahan kelapa...
MI/Moh Irfan

Komisi III Buka Peluang Keluarkan Ganja dari Golongan I

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 30 Juni 2022, 21:55 WIB
"Jadi pertemuan hari ini adalah menyerap aspirasi tentang kemungkinan ke depan Undang-Undang Narkotika, kita keluarkan penggolongan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya