Sabtu 22 Januari 2022, 09:44 WIB

Panglima TNI Tunjuk Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Panglima TNI Tunjuk Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad

Dok Kodam IX/Udayana
Mayjen Maruli Simanjuntak

 

JABATAN Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) yang sempat kosong terisi sudah. Sebelumnya, Jenderal Dudung Abdurachman yang kini menjabat Kepala Staf TNI-AD (KSAD) menduduki posisi tersebut.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Panglima Kostrad dijabat Maruli Simanjuntak.

Maruli yang akan menyandang pangkat letjen merupakan Abituren Akmil 1992 dan sebelumnya bertugas sebagai Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana.

SK tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dalam surat itu dijelaskan ada 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru.

Namun, dari 328 pati yang mendapat jabatan baru itu, 28 diantaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI (diamanatkan dalam Perpres No 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI), seperti Komando Armada TNI-AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI-AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Sedangkan 10 Jabatan perwira tinggi bintang 3 dalam Keputusan Panglima TNI tersebut adalah Pangkogabwilhan 3 dijabat oleh Mayjen Nyoman Cantiasa, Danjen Akademi TNI dijabat Letjen Bakti Agus Fajari.

Kemudian, Wakil KSAD dijabat Mayjen Agus Subiyanto, Pangkostrad dijabat Mayjen Maruli Simanjuntak, Dankodiklatad (dijabat oleh Mayjen Ignatius Yogo), Pangkoarmada (dijabat oleh Laksdya Agung Prasetiawan), Dan Pushidrosal (dijabat oleh Laksdya Nurhidayat).

Adapun Komandan Kodiklatal dijabat Mayjen Mar Hartono, Pangkoopsudnas (dijabat oleh Marsdya Andyawan Martono), serta Kodiklatau (dijabat oleh Marsda Nanang Santoso). Demikian pernyataan resmi dari Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa, Sabtu (22/1). (J-2).

 

Baca Juga

Dok Instagram/Medcom.id

Alasan Hamil tidak Pengaruhi Proses Hukum Dea OnlyFans

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 12:05 WIB
Polisi menyebut proses hukum tersangka kasus pornografi, Gusti Ayu Dewanti atau Dea OnlyFans tetap berjalan, meski dalam keadaan...
ANTARA/ Reno Esnir

Wacana Terdakwa tidak Gunakan Atribut Keagamaan Saat Persidangan Diminta Segera Direalisasikan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:36 WIB
Penggunaan atribut keagamaan itu dipandang sebagai upaya terdakwa terlihat sudah insaf dari pelanggaran hukum yang dia lakukan serta...
MI/SUMARYANTO

Jadi Tersangka, Lin Che Wei Pernah Menjabat di Kemenko Perekonomian

👤┬áInsi Nantika Jelita 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:35 WIB
Kejaksaan Agung mengumumkan Lin Che Wei menjadi tersangka baru kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO) dan produk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya