Selasa 28 Desember 2021, 17:01 WIB

NasDem Harap Anies, RK, Khofifah, Ganjar Ikut Konvensi Pencapresan

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
NasDem Harap Anies, RK, Khofifah, Ganjar Ikut Konvensi Pencapresan

AFP/Mohamad Irfan.
Saan Mustopa.

 

PARTAI NasDem masih terus menggodok mekanisme konvensi untuk pencalonan presiden 2024. Nama-nama yang terus mencuat pada sejumlah survei seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, hingga Ganjar Pranowo diharapkan bisa mengikuti konvensi.

"Nama-nama seperti Mas Anies, Pak Ridwan Kamil, Ibu Khofifah, Pak Ganjar memang secara intensif melakukan komunikasi dan hubungan dengan Partai NasDem. Jadi kira-kira kalau konvensi digelar, dari eksternal nama-nama tersebut memang kami harapkan bisa ikut selain dari internal Partai NasDem," ucap politikus Partai NasDem Saan Mustopa dalam diskusi daring rilis survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Selasa (28/12).

Saan mengapresiasi sejumlah hasil survei yang terus dilakukan untuk memberi gambaran kepada publik mengenai calon-calon yang potensial untuk 2024. Menurutnya, memberi pilihan sejak awal penting agar publik bisa mengetahuinya dan melihat rekam jejak. "Ini agar publik bisa melihat rekam jejak terhadap calon-calon itu. Jadi keterlibatan publik dari awal lebih baik sehingga dengan posisi tidak ada petahana akan muncul calon presiden seperti yang diharapkan," ujarnya.

NasDem juga menegaskan tidak akan mencalonkan ketua umumnya Surya Paloh pada 2024. Sejak awal, kata Saan, NasDem konsisten tidak mencalonkan ketua umum untuk presiden-wakil presiden maupun jabatan publik lain. Jadi, memang tidak ada upaya dari partai untuk mendongkrak popularitas maupun elektabilitas ketua umum.

SMRC merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden 2024. Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo elektabilitasnya seimbang pada simulasi semi terbuka maupun tertutup. Elektabilitas Ganjar disebut naik signifikan dalam setahun terakhir.

Pada simulasi semiterbuka, elektabilitas Prabowo per Desember 2021 di peringkat pertama yakni 19,7% selisih tipis dengan Ganjar 19,2%. Dalam simulasi tertutup 15 nama, elektabilitas keduanya juga seimbang dengan posisi Prabowo 22,7% dan Ganjar 22,5%.

Baca juga: Presidential Treshold Dibutuhkan, tapi Jangan Terlalu Tinggi

Adapun elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertambah dalam simulasi semiterbuka maupun tertutup. Namun kenaikannya dinilai tak secepat Ganjar. Pada simulasi semiterbuka Anies tercatat 13,4% dan tertutup 15,2%. (OL-14)

Baca Juga

Chaliya/123Rf

BPK Rekomendasikan Kemenkominfo Segera Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:24 WIB
Upaya tersebut perlu dilakukan demi menjamin keamanan dan ketahanan siber masyarakat...
Dok MI

Kejagung Turunkan 34 JPU untuk Sidang Pelanggaran HAM Berat Paniai

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:50 WIB
Tersangka IS yang merupakan perwira penghubung pada Kodim Paniai mengikuti proses...
MI/BAYU ANGGORO

NasDem Suarakan Andika Perkasa dan Rahmat Gobel Menuju Pilpres 2024

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:45 WIB
Penyaringan nama-nama capres dari semua dewan pimpinan wilayah (DPW) provinsi terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya