Sabtu 18 September 2021, 16:54 WIB

Inilah Penjelasan Bakamla RI Terkait Situasi Laut Natuna Utara

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Inilah Penjelasan Bakamla RI Terkait Situasi Laut Natuna Utara

ANTARA FOTO/HO/Dispen Koarmada I
Ilustrasi: Koarmada I menghalau kapal Coast Guard Tiongkok saat melakukan patroli di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Senin (30/12/2019).

 

Bakamla RI menjelaskan situasi di Laut Natuna Utara bahwa di sana memang terdapat banyak kapal asing, karena wilayah merupakan pintu masuk dari dan keluar lalu lintas kapal yang melalui Selat Sunda dan Selat Malaka.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menjelaskan kata "ribuan" (kapal) yang disampaikan Sestama Bakamla Laksda TNI S Irawan bermakna umum, tidak dalam waktu yang berdekatan dan juga mencakup Laut China Selatan.

"Laut Natuna Utara berbatasan langsung dengan Laut China Selatan," kata Wisnu dalam keterangan tertulis yang diterima di Batam, Kepri, Sabtu (18/9).

Wisnu menyampaikan, Bakamla telah mengajukan rekomendasi kebijakan dan strategi menghadapi situasi di perbatasan termasuk di Laut China Selatan ke Kemenko Polhukam.

Dalam rekomendasi Bakamla, untuk menghadapi situasi di wilayah perbatasan, diperlukan tidak saja kehadiran aparat, melainkan juga pelaku ekonomi termasuk nelayan dan kegiatan eksplorasi ESDM serta penelitian.

Saat ini Bakamla tengah menyusun rencana aksi terkait rekomendasi kebijakan tersebut, satu di antaranya mendorong konsep pembentukan Nelayan Nasional Indonesia yang bertujuan mendorong kehadiran pelaku ekonomi sekaligus mendukung kegiatan monitoring di wilayah penangkapan ikan di LNU

Sementara itu Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia menegaskan bahwa situasi di Laut Natuna Utara tetap aman terkendali saat ini. Nelayan tidak perlu khawatir serta dapat tetap beraktivitas sebagaimana biasanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Nasabah Wanaartha Life Berharap MA Kabulkan Pengembalian Dana

👤Ant 🕔Minggu 22 Mei 2022, 21:04 WIB
Para nasabah, lanjut Francesca meyakini WAL tidak terlibat dengan kasus...
Antara

Kemendagri: Hakikat Pemerintah Sebagai Pelayan Masyarakat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 22 Mei 2022, 19:48 WIB
Pola relasi antara pemerintah dan masyarakat saat ini telah berubah. Di era sekarang, pemerintah bertugas memberikan pelayanan optimal bagi...
Antara/ HO

KPU Dorong Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Parlemen

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 22 Mei 2022, 18:38 WIB
UU Pemilu berbicara soal afirmatif karena UU memiliki filosofi keadilan gender dalam lembaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya