Sabtu 18 September 2021, 16:54 WIB

Inilah Penjelasan Bakamla RI Terkait Situasi Laut Natuna Utara

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Inilah Penjelasan Bakamla RI Terkait Situasi Laut Natuna Utara

ANTARA FOTO/HO/Dispen Koarmada I
Ilustrasi: Koarmada I menghalau kapal Coast Guard Tiongkok saat melakukan patroli di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Senin (30/12/2019).

 

Bakamla RI menjelaskan situasi di Laut Natuna Utara bahwa di sana memang terdapat banyak kapal asing, karena wilayah merupakan pintu masuk dari dan keluar lalu lintas kapal yang melalui Selat Sunda dan Selat Malaka.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menjelaskan kata "ribuan" (kapal) yang disampaikan Sestama Bakamla Laksda TNI S Irawan bermakna umum, tidak dalam waktu yang berdekatan dan juga mencakup Laut China Selatan.

"Laut Natuna Utara berbatasan langsung dengan Laut China Selatan," kata Wisnu dalam keterangan tertulis yang diterima di Batam, Kepri, Sabtu (18/9).

Wisnu menyampaikan, Bakamla telah mengajukan rekomendasi kebijakan dan strategi menghadapi situasi di perbatasan termasuk di Laut China Selatan ke Kemenko Polhukam.

Dalam rekomendasi Bakamla, untuk menghadapi situasi di wilayah perbatasan, diperlukan tidak saja kehadiran aparat, melainkan juga pelaku ekonomi termasuk nelayan dan kegiatan eksplorasi ESDM serta penelitian.

Saat ini Bakamla tengah menyusun rencana aksi terkait rekomendasi kebijakan tersebut, satu di antaranya mendorong konsep pembentukan Nelayan Nasional Indonesia yang bertujuan mendorong kehadiran pelaku ekonomi sekaligus mendukung kegiatan monitoring di wilayah penangkapan ikan di LNU

Sementara itu Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia menegaskan bahwa situasi di Laut Natuna Utara tetap aman terkendali saat ini. Nelayan tidak perlu khawatir serta dapat tetap beraktivitas sebagaimana biasanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist/MasDem

Saan Mustopa: Militansi dan Kemampuan Politik Prasyarat Menang di Pemilu

👤Reza Sunarya 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:45 WIB
Saan Mustopa berharap kader partai untuk membangun loyalitas dan militansi seluruh anggota partai menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun...
ANTARA/ISMAR PATRIZKI

Cak Imin: Jadi Anggota DPR Ini Jalan Tol

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:01 WIB
Disampaikan Cak Imin saat siaran langsung melalui aplikasi TikTok dengan influencer Benjamin Adhisurya atau yang dikenal dengan nama Iben...
Ist

Terlalu Jauh Tuduh Erick Maju Jadi Capres dalam Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:35 WIB
Menurut pandangan Direktur LPIPB Monisyah, apa yang sedang dikerjakan Erick Thohir tegak lurus dengan visi Presiden Joko...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya