Selasa 04 Mei 2021, 17:50 WIB

TNI AL Tetap Berupaya Evakuasi KRI Nanggala-402

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
TNI AL Tetap Berupaya Evakuasi KRI Nanggala-402

Antara
Keluarga awak KRI Nanggala 402 melakukan Tabur Bunga dari geladag Helly KRI Dr Soeharso-990 di perairan utara pulau Bali, Bali, Jumat (30/4)

 

TNI Angkatan Laut (AL) berupaya mengangkat seluruh bagian KRI Nanggala 402 dari dalam perairan, Bali. Sejauh ini alat yang ada hanya bisa mengangkat bagian kecil, sementara untuk badan besar kapal selam buatan Jerman ini membutuhkan alat khusus.

"Sampai saat ini mungkin hanya bagian-bagian kecil saja yang bisa diangkat. Kalau yang besar belum tapi upaya ini terus kita lakukan," kata Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, di Jakarta, Selasa (4/5).

Baca Juga: Kemensos Terima Bekerja Keluarga Prajurit KRI Nanggala-402

Menurut dia, proses evakuasi tidak akan dibatasi waktu mengingat lokasi Nanggala-402 berada dalam palung dengan kedalaman 838 meter. Tidak hanya itu, Nanggala juga membawa torpedo sehingga perlu kajian lebih matang untuk menentukan metode pengangkatannya.

"Jadi kita harus benar-benar hati-hati dan harus sabar. Kita juga siapkan KRI kita, ada KRI Riegel dan ada beberapa kapal lagi untuk pengamanan," ujarnya.

Ia mengatakan TNI AL akan terus berupaya mengevakuasi seluruh bagian KRI Nanggala dengan armada yang ada berikut bantuan instansi dalam dari luar negeri. Misalnya, kata dia, kapal survei milik China yang mampu mengevakuasi kapal selam.

"Tapi tetap untuk mengangkat agak sulit karena menempelkan pengait dengan barang yang akan diangkat itu butuh tangan bisa penyelam bisa robot," tutupnya. (OL-13)

Baca Juga: Unesa Siapkan Beasiswa Untuk Anak Awak Kapal KRI Nanggala 402

Baca Juga

Dok Puspen TNI

TNI Polri Identifikasi Jenazah Kelompok Lekagak Telenggen

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 14 Mei 2021, 20:51 WIB
Proses identifikasi dilakukan dengan mengambil sidik jari, barang-barang hiasan, mencocokkan...
MI/Pius Erlangga

Ngabalin: Busyro Fitnah Presiden, Mundur Saja dari Muhammadiyah

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 14 Mei 2021, 19:25 WIB
Dalam akun Instagramnya, Ngabalin juga mendesak Busyro untuk mundur dari jabatan Ketua PP Muhammadiyah, karena mencederai...
Antara

Mahfud MD Pastikan Lebaran Berjalan Aman

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 14 Mei 2021, 19:06 WIB
Hal itu disampaikan Mahfud seusai mendengar laporan dari perwakilan petugas lapangan di sejumlah wilayah, dalam halalbihalal secara virtual...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya