Senin 19 April 2021, 13:54 WIB

MPR: Mepertentangkan dan Menghina Agama Bentuk Keterbelakangan

MPR: Mepertentangkan dan Menghina Agama Bentuk Keterbelakangan

MI/Seno
Pancasila

 

KETUA MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa sikap saling menghormati sesama pemeluk agama adalah kunci terciptanya kerukunan antar-umat beragama di Indonesia.

"Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 29 ayat 2 disebutkan bahwa 'Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya'," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, hari ini.

Bamsoet mengatakan, sebagai warga negara sudah sepatutnya menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar-umat beragama dan saling menghormati demi keutuhan negara.

Dia menilai seluruh warga negara dan negara harus senantiasa hadir dalam upaya menjaga kemajemukan bangsa, karena dengan melihat kebhinnekaan sebagai kekayaan yang menyatukan, bukan perbedaan yang memisahkan.

Baca juga: Mahasiswa Hindu Laporkan Mualaf Desak Made ke Polisi

"Sebagai makhluk sosial, persinggungan antar-individu dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri dalam kehidupan beragama sangat mungkin terjadi," ujarnya.

Bamsoet menilai kasus dugaan penistaan agama bukan sekali terjadi, namun dengan adanya rasa toleransi yang tinggi antar-umat beragama, kasus tersebut bisa diredam untuk tidak menjadi pertikaian antar-agama.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan apabila masih ada pemikiran dan tindakan yang selalu mempermasalahkan perbedaan agama, pemikiran dan tindakan itu sudah sangat ketinggalan jaman.

"Bukan saatnya lagi bangsa Indonesia mempertentangkan perbedaan. Indonesia yang sesungguhnya adalah Indonesia yang menjaga perbedaan dan keberagaman. Indonesia yang memelihara kekayaan-kekayaan yang Tuhan anugerahkan kepada kita semua," ujarnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Reno Esnir

KPK Geledah Kamar Tahanan Andi Putra Gara-Gara Unggahan di Facebook

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Oktober 2021, 08:15 WIB
Ali mengatakan tersangka Andi Putra menyatakan dalam surat pernyataannya bahwa dirinya bukan yang menulis pesan status dalam media sosial...
Antara

Kemlu Pulangkan 13 ABK Yang Ditahan di Vietnam Sejak 2020

👤Ant 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 22:13 WIB
Kapal tersebut sempat ditangkap patroli Bea Cukai Vietnam atas tuduhan melakukan perdagangan rokok ilegal di perairan...
Dpr go.id

Penyusunan Regulasi Butuh Pengawalan Mahasiswa

👤Ant 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 21:10 WIB
Ia juga mengatakan proses penyusunan UU kerap dihantam intervensi oleh pihak yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya