Kamis 18 Maret 2021, 20:58 WIB

Mantan Pejuang OPM Dukung Redefinisi KKB Papua Jadi Teroris

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Mantan Pejuang OPM Dukung Redefinisi KKB Papua Jadi Teroris

dok.medcom
Ilustrasi pemberantasan terorisme

 

MANTAN pejuang Organisasi Papua Merdeka (OPM) Nick Messet mendukung penuh bila Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dikategorikan menjadi teroris. Ia menilai jika wacana tersebut sudah tepat sebagai strategi untuk menangkal pergerakan KKB.

"Kalau itu kebijakan pemerintah, sudah tepat menjadikan sebagai teroris, supaya orang Papua tidak dibunuh,” kata Nick Messet, dalam keterangan persnya yang diterima redaksi, Kamis (18/3)

Nick juga mengatakan bahwa dirinya sudah pernah mengusulkan supaya KKB ditetapkan sebagai kelompok teroris karena pergerakannya yang kerap membahayakan masyarakat sipil.

Baca Juga: KKB Papua Tembaki Aparat Gabungan di Distrik Ilaga

Terlebih, masyarakat Papua pada umumnya tidak setuju dengan eksistensi KKB di Papua. Mereka (KKB) telah menimbulkan ketakutan pada masyarakat.

"Saya sudah pernah bilang kalau KKB itu dikategorikan sebagai teroris saja, mereka sudah membuat ketakutan pada masyarakat,” kata Nick.

Sementara itu, Nick juga tetap mengingatkan kepada aparat keamanan yakni TNI dan Polri untuk berhati-hati dalam menjaga keamanan di Papua. Ia mengimbau agar aparat keamanan dan pemerintah mengedepankan ruang dialog.

Selain Nick, sebelumnya anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menyatakan dukungan terhadap wacana KKB yang dianggap sebagai pelaku terorisme.

Menurutnya, KKB dapat disebut sebagai pelaku terorisme karena aksi teror mereka sudah meresahkan masyarakat. Adapun aksi teror yang dilakukan meliputi menebar ancaman, menyandera, menyiksa bahkan hingga membunuh warga sipil. (OL-13)

Baca Juga: Kapolri Pastikan Tindak Tegas Polisi Penjual Senpi ke KKB Papua

Baca Juga

Ilustrasi

ICJR Minta Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat Diusut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:08 WIB
ICJR juga meminta kepada Presiden untuk memerintahkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) untuk melakukan penyidikan...
MI/ADAM DWI

KPK: IPK 2021 jadi Gambaran Pemberantasan korupsi masih Butuh Perbaikan

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:45 WIB
Khususnya pada dua sektor, yakni korupsi politik dan penegakan hukum. Kedua aspek itu masih belum ada perbaikan yang...
 ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Diduga Lakukan Praktik Perbudakan, Bupati Langkat Mesti Dihukum Berat

👤Andhika prasetyo 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:21 WIB
Ia pun berharap aparat penegak hukum mendengar suara hati dan rasa keadilan masyarakat dan menghukum seberat-beratnya pelaku praktik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya