Selasa 05 Januari 2021, 11:57 WIB

Rocky Gerung Anggap Sandiaga Uno bakal Bingung Mau Bikin Apa

Henri Siagian | Politik dan Hukum
Rocky Gerung Anggap Sandiaga Uno bakal Bingung Mau Bikin Apa

Antara
AKADEMISI UI Rocky Gerung

 

AKADEMISI UI Rocky Gerung mempertanyakan pengangkatan mantan calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.

"Salah satu yang di-reshuffle kan Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno. Ini kan sebenarnya pemerintah masih melihat pariwisata itu sebagai satu yang jadi andalan, jadi fokus. Padahal, justru persoalan pariwisata ini yang kemudian bisa membahayakan publik saat ini," tutur Rocky seperti disitat dari akun Youtube Rocky Gerung Official.

Baca juga: Jokowi Mania-Sandiaga Uno Beri Bantuan ke Warga Bantargebang

Dalam video yang diunggah pada 4 Januari itu, Rocky menilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dikosongkan untuk sementara waktu seiring pandemi covid-19 masih merajalela.

"Oke sampai dengan nanti, setahun ke depan, portofolio pariwisata itu, kementerian itu kita freeze dulu, tidak perlu ada penempatan," kata Rocky.

Baca juga: Sandiaga Uno: Posisi dan Jabatan Bukan Tujuan Saya

Rocky juga menganggap Sandiaga Uno akan kebingungan dalam melaksanakan tugas. "Kan mestinya dibiarin saja kosong pariwisata. Wong enggak ada yang perlu dipromosikan kan. Jadi nanti juga si menterinya bingung itu, saya ditugaskan untuk mempromosikan pariwisata, tapi ngapain saya menjaga orang pariwisata di tengah pandemi," tutur Rocky.

"Sandiaga Uno juga nanti dia bingung sendiri mau bikin apa, pariwisata dan industri kreatif, apa yang mau dikreatifkan. Orang tidak mampu menghasilkan kreativitas dalam kondisi kecemasan," tambah Rocky.

Baca juga: Sembuh Dari Covid-19, Sandiaga Uno Siap Dilantik Jadi Menparekraf

Dengan dinonaktifkannya Menteri Pariwisata dan jajarannya, ia yakin pengeluaran negara untuk gaji menteri akan berkurang sehingga bisa dialihkan untuk kepentingan penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Kan prinsipnya begitu ya, beberapa menteri seharusnya dirumahkan saja supaya enggak membebani, tapi bagaimana kita menerangkan keajaiban ini terhadap pemerintah," ucapnya.

Baca juga: Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno: Ini Tugas Berat

Rocky juga menyarankan seharusnya Jokowi bukan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju, melainkan rezizing. "Resizing itu harusnya, diatur ulang size-nya, dibikin ramping kabinet itu, mungkin 30% menteri enggak diperlukan dulu sebetulnya," tuturnya.

Berlawanan dengan anggapan Rocky, Sandiaga justru langsung tancap gas dan gerak cepat dalam melaksanakan tugas. Setidaknya, Sandiaga telah melakukan kunjungan ke Bali dan Danau Toba, Sumatra Utara.

Sebab, seperti dikutip dari halaman Facebook, Sandiaga memandang destinasi wisata sangat penting untuk Indonesia karena mendatangkan banyak wisatawan dan membuka banyak lapangan kerja. "Namun, yang perlu kita perhatikan bukan hanya aspek ekonominya tapi juga kesehatan dan keselamatannya sehingga kepercayaan para wisatawan dapat kembali meningkat." (X-15)

Baca Juga

MI/widjajadi

Bisnis Es Dogernya Disuntik Dana Puluhan Miliar, Gibran: Hal Wajar

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:45 WIB
Menurut dia, tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari adanya suntikan dana tersebut. Apalagi, uang tersebut langsung masuk ke...
MI/Ramdani

Airlangga Hartarto Hanya Punya Setahun Lagi untuk Tingkatkan Elektabilitas Sebagai Capres 

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:40 WIB
Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, menilai, hal tersebut menunjukkan sulitnya mengerek elektabilitas...
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Tjahjo: Tidak Ada CPNS, Pemerintah Fokus Rekrut PPPK Tahun 2022

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:35 WIB
Tjahjo mengemukakan dalam merekrut PPPK karena pemerintah berkaca dari kebijakan yang diambil oleh beberapa negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya