Selasa 29 Desember 2020, 20:08 WIB

LAN, Kemenpan RB, dan Pemda Jatim Kerja Sama Corporate University

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
LAN, Kemenpan RB, dan Pemda Jatim Kerja Sama Corporate University

Ist/Humas LAN
Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si.

 

DALAM tataran praktik, pengembangan kompetensi tidak lagi dilihat hanya dalam bentuk pembelajaran dalam kelas secara klasikal, namun titik beratnya beralih pada experiental learning dalam bentuk program non klasikal seperti on job training, magang, self-learning,
coaching, dan mentoring.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si, pada acara penandatanganan Nota Kesepakatan antara LAN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) tentang Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Corporate University (CorpU), yang dilangsungkan secara virtual, Selasa (29/12).

“Pengembangan kompetensi secara terintegrasi melalui Corporate University dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan untuk
mengakselerasi transformasi pengembangan kompetensi pegawai," kata Kepala LAN.

"Melalui pendekatan CorpU, pengembangan kompetensi bukan semata-mata hanya untuk peningkatan kapasitas individu akan tetapi juga mendukung peningkatan kapasitas organisasi. Dukungan teknologi informasi menjadi hal yang krusial dalam pengembangan dan operasionalisasi CorpU," jelas Adi Suryanto.

Lebih lanjut, Adi Suryanto mengatakan koordinasi dan kerja sama antara unit pengelola SDM, unit penyelenggara pelatihan, dan unit teknis sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan pengembangan CorpU.

Selain itu, perlu adanya proses knowledge management dan knowledge learning yang menjadi salah satu kunci keberhasilan CorpU.

"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas sinergi yang dilaksanakan dalam mengembangkan kompetensi Pegawai ASN di lingkungan Pemprov Jatim melalui Corporate University," kata Adi Suryanto.

"Harapan kami, tentunya dengan sinergi tiga instansi ini bisa menjadi salah satu gerbang bagi reformasi pengembangan kompetensi ASN, dan menjadi salah satu contoh pengembangan CorpU di instansi pemerintah", tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, S.H. menyampaikan apresiasi bahwa Nota Kesepakatan ini memiliki tujuan yang mulia yaitu meningkatkan kualitas ASN
dalam rangka peningkatan kualitas birokrasi pemerintah dan pelayanan terhadap masyarakat.

Menpan RB menambahkan,"Kita semua tahu bahwa Bapak Presiden Jokowi telah menempatkan pembangunan SDM sebagai salah satu prioritasnya dalam membangun bangsa ini."

"Oleh sebab itu, Nota Kesepakatan ini merupakan upaya yang tepat. Segera kita akan dorong instansi pemerintah daerah lainnya untuk membuat terobosan dan lompatan agar ASN kita mampu bersaing di segala bidang," tutur Menpan RB.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Timur, Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung komitmen dan berikhtiar bersama untuk mewujudkan ASN yang unggul dan profesional, sehingga ke depan kinerja ASN menjadi penting agar dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

"Semoga CorpU dapat menjadi pintu gerbang tidak hanya bagi ASN Pemprov Jatim khususnya, namun juga Pemerintah kabupaten-kabupaten di Jawa Timur untuk menjadi semakin berkualitas dan profesional," ujar Khofifah.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepakatan secara virtual dari tempat kedudukan masing-masing. Acara ini turut dihadiri para pejabat pimpinan tinggi di lingkungan Kemenpan RB, LAN, Kepala BPSDM seluruh Indonesia, dan Kepala Satuan Kerja Perangkat
Daerah di lingkungan Pemprov Jawa Timur. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Pengesahan RUU Kejaksaan Berjalan Mulus

👤Putra Ananda 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:35 WIB
Adies menyatakan bahwa Panja telah melakukan pembahasan pada tanggal 22-24 November 2021 bersama dengan Tim Panja dari...
Antara

Hasil Audit Asabri Dinilai Picu Polemik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:22 WIB
Menurutnya, sumber dana investasi Asabri dari iuran anggota TNI-Polri yang terpisah dari keuangan...
MI/M. Irfan

Menkumham Sambut Pengesahan UU Kejaksaan dan Pembentukan Pengadilan Tinggi di Daerah 

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:40 WIB
Yasonna mengatakan perubahan Undang-Undang tentang Kejaksaan tersebut menjadi salah satu prioritas utama demi mewujudkan negara hukum yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya