Jumat 14 Agustus 2020, 20:35 WIB

Diingatkan Wakil Ketua KPK, Mumtaz Rais Malah Tanya Kamu Siapa?

Diingatkan Wakil Ketua KPK, Mumtaz Rais Malah Tanya Kamu Siapa?

Instagram @mumtazrais
Menantu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Mumtaz Rais

 

KPK mengungkapkan iktikad baik dari pimpinan KPK, Nawawi Pomolango, yang mengingatkan putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, saat menggunakan telepon seluler dalam penerbangan Garuda Indonesia justru direspons negatif.

"Itikad baik mengingatkan yang bersangkutan itu justru direspons negatif bahkan yang bersangkutan sempat mengatakan: Kamu siapa? dan mengatakan pada Pak Nawawi saat itu, bahwa ia sedang bersama dengan salah satu wakil ketua Komisi dari DPR," ucap Plt Juru Bicara, Ali Fikri, dalam keterangannya di Jakarta, hari ini.

Hal tersebut dia katakan sebagai respons atas insiden dalam penerbangan Garuda Indonesia GA 643 rute Gorontalo-Makassar-Jakarta pada Rabu (12/8).

Saat itu, kata Fikri, Nawawi tidak mengetahui nama atau dengan siapa dia bicara itu, namun memutuskan untuk mengingatkan penumpang itu agar mematuhi aturan yang berlaku di penerbangan.

"Nawawi juga tidak pernah berharap ia didengar karena ia adalah pimpinan KPK. Namun, harapannya siapapun penumpang yang mengingatkan penumpang lain, seharusnya tidak direspons secara negatif karena hal itu adalah untuk kepentingan bersama," katanya.

Baca juga: PAN Berharap Cekcok Mumtaz dan Wakil Ketua KPK Tak Diperpanjang

Lebih lanjut, Fikri memutuskan dalam konteks insiden yang terjadi pada penerbangan itu, Nawawi pada saat itu sedang dalam perjalanan dinas atau penugasan dari KPK.

"Namun, posisi Pak Nawawi untuk mengingatkan penumpang lain saat itu lebih bertindak sebagai salah satu penumpang yang menyadari ada aturan di penerbangan yang wajib dipatuhi oleh siapapun, tidak peduli Anda pejabat negara ataupun tidak," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, ada aspek keselamatan seluruh penumpang yang juga perlu diperhatikan sehingga Nawawi saat itu menyampaikan saran pada salah satu penumpang penerbangan Garuda Indonesia yang sedang berbicara melalui telepon seluler.
 
"Padahal saat itu pesawat sedang mengisi bahan bakar saat transit di Makassar dan telah ada imbauan dari petugas di pesawat baik melalui audio ataupun secara langsung agar menonaktifkan telepon genggam," kata dia.(OL-4)

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

Perludem: Elite Politik Gaduh Tapi Minus Politik Gagasan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 30 Januari 2023, 07:30 WIB
Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini menerangkan kegaduhan para elite politik disebabkan adanya pemenuhan syarat dukungan...
DOK.MI

Hakim Agung Tersangkut Korupsi, Kepemimpinan Ketua MA Dipertanyakan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 21:00 WIB
Ketua MA selaku pimpinan tertinggi harus bertindak tegas menyikapi kasus yang sungguh mencoreng muruah pengadilan yang...
ANTARA

Dekat Dengan Parpol, Erick Thohir Miliki Kapabilitas Sebagai Cawapres

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 20:35 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir merupakan figur yang bisa diterima oleh banyak kalangan, termasuk bagi partai politik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya