Senin 30 Maret 2020, 07:25 WIB

Sandiaga dan Prabowo Bertarung pada Pilpres 2024

Cah/Ant/P-3 | Politik dan Hukum
Sandiaga dan Prabowo Bertarung pada Pilpres 2024

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

 

MANTAN pasangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019, Sandiaga Salahuddin Uno, menempati urutan teratas sebagai tokoh paling mampu membuka lapangan kerja. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengalahkan koleganya, Anies Baswedan. Hal itu terungkap dalam hasil survei nasional yang dirilis Charta Politika, kemarin.

Survei tersebut dilakukan pada 20-27 Februari 2020 di seluruh provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan ialah wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap sampel acak (random sampling) responden. Margin of error dari survei itu sebesar 2,83%.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, mengatakan sebagian besar responden percaya Sandi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan rakyat apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

“Sandiaga menempati posisi teratas sebagai tokoh yang dipercaya masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan yang dapat membantu kehidupan rakyat Indonesia. Mantan Wagub DKI Jakarta itu dipercaya oleh 23,2% rakyat,” jelas Muslimin.

Ia mengatakan raihan yang diperoleh Sandi itu jauh lebih tinggi dari tokoh terkenal lainnya, seperti Prabowo Subianto yang hanya memperoleh 11,8%, Anies Baswedan 11,4%, Ridwan Kamil 10,3%, Ganjar Pranowo 9,2%, Tri Rismaharini 5,3%, Agus Harimurti Yudhoyono 3,2%, dan Puan Maharani 0,8%.

Selain unggul sebagai sosok yang dapat membuka lapangan pekerjaan, lanjut dia, Sandi pun unggul dalam simulasi elektabilitas atas tiga nama. “Pasalnya, ia dianggap sosok yang dapat mengendalikan harga bahan pokok, serta paling mewakili generasi muda yang milenial,” pungkasnya.

Keunggulannya yang lebih dari satu tersebut semakin memperkuat isu Sandi akan siap maju kembali pada 2024. Berbeda dari periode yang lalu, pada 2024, Sandi diprediksi akan maju sebagai capres.

Sebelumnya, hasil survei yang dilakukan Cyrus Network juga menyebutkan Sandi memiliki elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024, dalam simulasi enam tokoh tanpa Prabowo Subianto dan Joko Widodo. “Saat nama Prabowo dihilangkan, Sandi menempati urutan pertama,” jelas CEO Cyrus Network Eko David Afi anto di Jakarta, Jumat (13/3). (Cah/Ant/P-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal L

KPK: Pejabat Teras Jangan Korupsi di Tengah Pandemi

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:49 WIB
KPK juga mengajak segenap pihak untuk bersama-sama mengatasi pandemi dengan mengedepankan kerja-kerja yang menerapkan prinsip good...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kadernya Ketangkap KPK, PDIP Dukung Pemberantasan Korupsi

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:41 WIB
Hukum adalah jalan peradaban untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Siapapun wajib bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Ini Kronologis OTT Bansos dengan Upeti Rp17 M

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:08 WIB
Tim KPK menerima informasi dari masyarakat akan adanya dugaan terjadinya penerimaan sejumlah uang oleh penyelenggara negara yang diberikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya