Jumat 29 Juni 2018, 20:40 WIB

Lihat Hasil Pilkada, Gerindra Tetap Yakin Calonkan Prabowo di Pilpres

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Lihat Hasil Pilkada, Gerindra Tetap Yakin Calonkan Prabowo di Pilpres

MI/ BARY FATHAHILAH

 

WAKIL Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengatakan bahwa hingga saat ini Gerindra tidak berubah pikiran untuk mencalonkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019.

Berdasarkan hasil Pilkada serentak yang digelar di 171 daerah kemarin, pihaknya meyakini ada keinginan masyarakat untuk mengganti kepemimpinan yang ada saat ini. Ia pun menilai kekuatan PDIP turun drastis dalam pilkada tahun ini.

"Partai Gerindra tetap mencalonkan Pak Prabowo dan tren ganti presiden tercermin bagaimana undecided voter pada hari H (pemungutan suara) memutuskan pasangan yang kami dukung. Itu mencerminkan sentimen keinginan ganti presiden yang besar," katanya kepada Media Indonesia, Jumat (29/6).

Dia mengatakan, figur Prabowo telah memengaruhi naiknya perolehan suara kandidat yang diusung partainya. "Jadi faktor Prabowo terhadap kandidat dalam pilkada di Jabar dan Jateng lebih besar menaikkan perolehan kandidat yang kami dukung dibandingkan faktor Jokowi terhadap kandidat yang didukung," katanya.

Menurutnya, hasil sementara pilkada yang ada saat ini yang muncul ke permukaan sebatas pilkada di tingkat provinsi, belum pilkada di tingkat kabupaten/kota. Di tingkat provinsi saja, ia menilai bahwa mesin politik Gerindra dan parpol yang lainnya berhasil mengangkat figur Sudrajat-Syaikhu (Jawa Tengah) dan Sudirman Said-Ida Fauziah (Jawa Barat).

"Kesimpulannya adalah PDIP di Jawa Barat, di Jawa Tengah yang basisnya dan di Jawa Timur hancur, belum di tempat lain. Artinya pemilu legislatif 2019 Gerindra berpeluang mengalahkan PDIP," ucapnya. Apalagi, semangat ganti presiden di tengah masyarakat juga mewarnai secara signifikan dalam pilkada kali ini. (OL-5)

Baca Juga

Ist

Dr.Rahmat Dwi Putranto: Teknologi Pengaruhi Eksistensi Hukum di Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:07 WIB
Dr.Rahmat Dwi Putranto berharap ke depan dapat dilahirkan mata kuliah untuk mahasiswa hukum di Indonesia yang bernama Teknologi...
Dok Kejagung

Kejagung Periksa Tiga Saksi Terkait Penyerobotan Lahan oleh PT Duta Palma

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:32 WIB
Kejagung menyebut PT Duta Palma tak mengantongi surat-surat dalam mengelola lahan...
Antara

Terdakwa Alvin Lim Akui Tak Terima Surat Pemanggilan Sidang Pertama

👤Ant 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:00 WIB
Alvin mempersoalkan tindakan upaya paksa yang dilakukan jaksa dari Kejari Jaksel didampingi petugas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya