Selasa 19 April 2022, 19:00 WIB

UD Truck Luncurkan Quester  Teknologi Berstandar Emisi Euro 5

Haryanto | Otomotif
UD Truck Luncurkan Quester  Teknologi Berstandar Emisi Euro 5

MI/Haryanto
Quester Euro 5 ini telah dilengkapi dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR).

 

TEKNOLOGI untuk mencapai standar emisi sesuai regulasi diperkenalkan Astra International UD Trucks, produk terbarunya yang diklaim sebagai produk berteknologi Euro 5 satu-satunya di Indonesia. Produk truk Quester dengan teknologi mesin berstandar emisi Euro 5 sudah siap dipasarkan di seluruh Indonesia, di Jawa Tengah dan DIY pada khususnya.

Menurut Regional Head 2 Astra UD Truck, Wisnu Wibowo , Quester Euro 5 ini telah dilengkapi dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR).

Dengan teknologi tersebut, kendaraan bisa dioperasikan dengan bahan bakar biosolar namun emisi yang akan dihasilkan tetap ramah lingkungan.

"Dengan begitu, pengguna UD Truck Quester ini bisa menekan biaya operasional dengan bahan bakar yang lebih murah namun tetap memenuhi standar emisi gas buang Euro 5," katanya Wisnu di Semarang, Selasa (19/4/).

Menurutnya, rahasia dari efisiensi mesin itu adalah dengan teknologi SCR. Dengan teknologi tersebut, gas buang akan lebih dahulu diolah di tabung SCR. 

"Dalam tabung itu berisi cairan penetralisir gas buang yang disebut
AdBlue. Reaksi kimia dari gas buang dan AdBlue itu kemudian mengurai polusi menjadi nitrogen dan air sehingga gas buang akhir aman bagi manusia dan lingkungan," tandasnya.

Workshop Head UD Truck Semarang, Slamet Wijianto menambahkan, satu liter cairan AdBlue bisa untuk menempuh jarak hingga 75 kilometer. 

"Namun bukan berarti jika kehabisan cairan ini, truk tidak bisa jalan, tetap bisa jalan namun kadar polusi gas buangnya saja yang berbeda," imbuh Slamet.

Branch Manager Astra UD Trucks Semarang, Welly Budiono menuturkan, setiap penjualan spesial Quester Euro5 konsumen akan mendapat gratis AdBlue sebanyak 800 liter. Kemudian konsumen juga akan mendapatkan UD Telematics satu tahun dan gratis servis 120 ribu km atau tiga tahun.

"Setiap konsumen akan mendapat AdBlue sebanyak 800 liter yang akan diberikan secara 4 tahap pengiriman tiap 200 liter," tuturnya.

Sementara, saat ini di wilayah Jawa Tengah sudah ada 50 Surat Pemesanan

Kendaraan (SPK) Quester Euro 5. Adapun UD Trucks Quester Euro 5 hadir dengan berbagai tipe dan varian, mulai dari 4—2 R, 4—2 TH, 6—2 R hingga 6—4 R dan 6—4 TH untuk mendukung pengusaha truk di Indonesia.

"Kendaraan ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp 800 juta off the road. Target kami hingga akhir tahun 2022 ini bisa menjual 150 hingga 200 unit Quester Euro 5," pungkasnya.(OL-13)

 

Baca Juga

OLX Autos

Pasar Mobkas Membaik, OLX Autos Beri Jaminan Lewat Kampanye #PilihYangPasti 

👤RO 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:37 WIB
Melalui campaign #PilihYangPasti, OLX Autos memberikan jaminan kepastian bagi pelanggan yang membutuhkan layanan yang aman, nyaman, cepat,...
Wuling Indonesia

Wuling Experience Weekend Hadir di Mal Kelapa Gading 3

👤RO 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:33 WIB
Pada pameran yang digelar hingga Minggu, 29 Mei 2022 ini, Wuling menampilkan tiga unit displai yang terdiri dari Almaz RS dan New Cortez....
TMMIN

Galakkan Gerakan Indonesia Bebas Emisi, Toyota dan Undip Gelar Seminar Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:11 WIB
Netralitas karbon akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk segala sektor kehidupan, dan generasi muda nantinya akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya