Rabu 17 November 2021, 23:49 WIB

Ini Rahasia Kendaraan Komersial Hino Aman dari Overheat 

Mediaindonesia.com | Otomotif
Ini Rahasia Kendaraan Komersial Hino Aman dari Overheat 

dok. Hino
Booth Hino di GIIAS 2021

 

MESIN panas atau engine overheating merupakan hal yang sering dialami oleh kendaraan komersial seperti bus. Proses terjadinya overheat pada umumnya akan berhubungan dengan sistem pendingin kendaraan yang tidak berfungsi semestinya. 

Hal itu sering disebabkan oleh kebocoran atau penyumbatan di suatu tempat di sistem pendingin mesin atau komponen lain. Selain itu, overheat juga bisa terjadi ketika mesin dipaksa bekerja di luar batas kewajaran.  

Untuk mengantisipasi overheat, Hino memiliki rahasia khusus lewat keberadaan oil gallery yang ada di piston. 

"Di piston Hino ada yang namanya Oil Gallery. Lubang pelumasan pada oil gallery berfungsi mendinginkan piston. Sehingga meningkatkan efisiensi pendinginan dibandingkan dengan tipe piston kompetitor yang tanpa oil gallery," ujar Anton dari Training Divison HMSI di booth Hino, Rabu, (17/11).  

Hino melakukan tes perjalanan dengan menggunakan unit bus RK 260 dengan rute Jakarta-Surabaya-Jakarta. Pengujian ini memakai rute tol trans-Jawa dengan kecepatan di atas 100 km/jam secara konstan.  

Dalam pengetesan tersebut, didapat data-data menarik terkait suhu oli mesin dan suhu air coolant, volume pengurangan oli, hingga konsumsi bahan bakar dan performa mesin.  

"Dengan oli yang sedikit, bus Hino bisa melintasi Trans Jawa rute Jakarta-Surabaya pulang pergi dengan kecepatan maksimal 130 km/jam," lanjut Anton.  

Baca juga : Piaggio Indonesia Rayakan HUT Ke-10 dan Luncurkan Edisi Spesial

Hasil yang didapatkan setelah menempuh rute pulang pergi Jakarta-Surabaya (sekitar 1.600 km) yaitu oli mesin bus RK 260 sama sekali tidak berkurang.  

Adapun hasil dari pengujian yang dilakukan Hino menyimpulkan bahwa tidak ada masalah pada temperatur oli, laju pendinginan radiator berkisar di antara 25-30 derajat celcius mengungguli kompetitor yang hanya 10 derajat celcius.  

Tak hanya itu, pada perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun, kendaraan RK 260 diklaim lebih hemat 78 persen dibandingkan kompetitor. Hal inilah yang menjadi pertimbangan para pengusaha transportasi melirik RK 260.  

Aftersales Service Director PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Irwan Supriyono memperingatkan kepada para mekanik bus agar menghindari kebiasaan melakukan beberapa adjustment (pengaturan) di mesin bus.  

"Ada beberapa mekanik yang melakukan adjusment pada mesin demi mencari performa yang lebih. Tapi adjustment yang dilakukan itu berimbas pada beberapa hal termasuk membuat mesin overheat. Power (tenaga) dapat tapi temperatur ruang bakar tinggi jadinya overheat," ujar Irwan.  

Ia menganjurkan pemilik bus untuk melakukan perawatan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.  

"Jadi itu yang kita tekankan kepada konsumen untuk tidak melakukan adjustment. Karena hal ini sangat sensitif dan bisa berefek buruk," bebernya. (Medcom/OL-7)

Baca Juga

SIS

Mengenal Teknologi Suzuki Smart Hybrid

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 23:18 WIB
Dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid juga menandakan langkah awal Suzuki di Indonesia untuk membantu Pemerintah mewujudkan target...
AHM

AHM OIL Hadir dengan Kemasan Baru

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 22:43 WIB
Keamanan juga menjadi poin utama. Tutup botol hanya bisa dipakai satu kali dan rusak ketika...
MMKSI

MMKSI Kembali Gelar Supermarket Exhibition

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 22:27 WIB
Selain menampilkan Pajero Sport, New Xpander dan New Xpander Cross, unit test drive juga disediakan untuk memberikan kesempatan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya