Rabu 15 Juli 2020, 17:06 WIB

Jeep Perkenalkan Konsep Wrangler Rubicon 392 Bermesin V8

. | Otomotif
 

Jeep memperkenalkan sebuah konsep baru yang diberi nama Wrangler Rubicon 392 Concept. Angka 392 mengacu pada kapasitas mesinnya yang memiliki total volume 392 kubik inci. Ya, itu artinya kendaraan ini memiliki kapasitas mesin 6.4 liter V8 pada kompartemen mesin yang biasanya menggunakan jenis V6.

Dengan mesin sebesar itu Rubicon 392 Concept mendapatkan output maksimal hingga 450 hp dengan torsi puncak mencapai 610 Nm. Putaran mesin kemudian disalurkan pad transmisi otomatis 8-speed dengan rasio gigi mulai di 3.73. Kombinasi tersebut menjadikan mobil ini mampu berakselerasi dari 0 ke 96,5 km/jam kurang dari 5 detik. Sangat ganas untuk ukuran sebuah SUV tulen.

Jeep Wrangler menggunakan mesin V8 asli dari pabrikan terakhir kali pada 1981 yang saat itu hanya mampu merilis output 125 hp. Sejak saat itu Wrangler dibekali mesin V6. Alhasil, tidak sedikit para penggemar Jeep Wrangler yang mengharapkan kehadiran Wrangler bermesin V8. "Wrangler Rubicon 392 Concept membuktikan bahwa kami memiliki kemampuan untuk mewujudkan hal itu," ujar Head of Jeep Brand – FCA North America Jim Morrison, Senin (13/7).

Wrangler Rubicon 392 Concept memiliki fitur 'tata suara mesin' unik menggunakan exhaust system dua modus yang dapat dioperasikan secara on-the fly melalui sebuah tombol. Sistem pengaturan suara knalpot 'dua nada' ini menyerupai sistem yang digunakan pada Dodge Durango SRT.  

Keunikan lain dari Rubicon 392 Concept adalah bodinya yang dibuat khusus untuk off-road, plus atap terbuka yang dilengkapi dengan penutup kanvas yang dapat dilipat alias rag-top. Unit poros roda tetap mempertahankan Dana 44, termasuk unit transfercase dua tingkat kecepatan. Selain memiliki kunci diferensial mobil ini juga dibekali ban lumpur 37 inci yang membalut velek jenis beadlock 17 inci.

Berkat pengunaan ban tersebut tidak hanya membuat mobil lebih jangkung 5 cm dengan ground clearance total 33,6 cm, tetapi juga meningkatkan kemampuan mobil ini di medan off-road. Alhasil mobil ini mampu mengarungi air dengan kedalaman lebih dari 86 cm. Hal ini juga mengubah sudut approaching menjadi 51,6 derajat. Sementara sudut breakover 29,5 derajat dan sudut departure 40,1 derajat.

Sebagai perbandingan Jeep Wrangler standar hanya memiliki sudut approaching 44 derajat, sudut breakover 27,8 derajat dan sudut departure 37 derajat.

Akibat mengalami sejumlah peningkatan di berbagai sektor para insinyur melakukan sejumlah penyempurnaan dan penguatan pada Rubicon 392 Concept. Bagian dudukan mesin diperkuat untuk 'meladeni' hamburan tenaga dari mesin 6.4 liternya, termasuk memperkuat bagian rangka untuk mengimbangi kemampuan puntir mesin berkat adanya penambahan torsi. Suspensinya juga mengalami penyempurnaan termasuk penggunaan Fox Shocks monotube aluminium untuk redaman guncangan yang memiliki karakter pembuangan panas lebih cepat.

Fitur spesial lainnya selain komponen winch yang terintegrasi dengan bumper depan, terdapat jok kulit dengan jahitan emas, pintu custom yang lebih rendah, hingga kap mesin dengan airscoop yang menegaskan mesin yang lebih perkasa. Atap kanvas convertible-nya dilengkapi fitur Jeep's new Sky One-touch convertible top yang dapat dibuka-tutup melalui tombol.

Hingga saat ini belum ada pernyataan yang dibuat oleh Jeep apakah Rubicon 392 Concept dilabur warna granite crystal ini akan masuk dalam lini produksi atau hanya sebatas mobil konsep. Kami hanya bisa menduga bahwa perusahaan ini tengah melakukan tes pasar untuk melihat seberapa besar minat konsumen sebagai dasar pertimbangan untuk memproduksinya secara massal. (Sumber: Jeep/S-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Delapan Perusahaan Tarik 102 Ribu Kendaraan dengan Alasan Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 09:35 WIB
Kia Corp, Toyota Motor Corp. dan enam perusahaan lain akan secara sukarela menarik lebih dari 100 ribu kendaraan di Korea Selatan untuk...
Dok. Seven Event

GIIAS The Series 2022 Siap Digelar di Medan

👤RO 🕔Rabu 28 September 2022, 21:36 WIB
Tahun ini 8 merek ternama industri otomotif, yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Mitsubishi Motors, Toyota, dan Wuling, dipastikan...
Dok. BMW Group Indonesia

MOCI Rayakan Setengah Abad BMW M di BMW Welt Munich

👤RO 🕔Rabu 28 September 2022, 19:25 WIB
Dalam rangka merayakan 50 tahun BMW M, BMW MOCI menghadirkan 50 unit BMW M ataupun BMW M Performance dan diikuti lebih dari 110 members...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya