Sabtu 10 Juni 2023, 11:45 WIB

Pembalap Marc Marquez Mencari Ritme

Dhika kusuma winata | Olahraga
Pembalap Marc Marquez Mencari Ritme

AFP
Pembalap Marc Marquez belum menemukan ritme permainannya di GP Italia dengan bayang-bayang cedera.

 

JUARA Moto-GP enam kali Marc Marquez masih dalam kondisi limbung di tengah performanya yang musim ini kembali terganggu cedera. Musim 2023 yang digadang-gadang Marquez akan bangkit justru belum muncul tanda-tandanya.

Seri GP Italia di Sirkuit Mugello yang digelar Minggu (11/6) juga belum menunjukkan hasil positif bagi pembalap Repsol Honda itu. Pada sesi latihan bebas, Marquez tak sanggup menembus posisi lima besar dan hanya ada di urutan delapan.

Tunggangan RC213V musim ini belum sesuai harapannya. Bahkan, penunggang Honda lainnya juga seakan dibuat pusing karena dinilai tertinggal dari pabrikan-pabrikan lain.

Baca juga: Meski Masih Sulit Berjalan, Bagnaia Mengaku Siap Tampil di GP Italia

Persoalan itu tak pelak memicu desas-desus kepergiannya dari Honda. Marquez sejauh ini menghuni peringkat ke-19 klasemen.

Pembalap berjuluk the Baby Alien itu mengaku tetap setia pada Honda. Hanya saja, dia juga mempertimbangkan masa depannya dalam jangka menengah.

Baca juga: Binder Mengaku Pede Jelang GP Italia

Marquez memastikan ia akan memenuhi kontraknya yang berakhir musim depan dengan Repsol Honda. Ia menuturkan pada saatnya akan memutuskan masa depannya demi menemukan strategi yang bisa membawanya juara Moto-GP lagi.

"Saya memiliki kontrak dengan Honda tahun depan, komitmen saya adalah total dan itu akan selalu menjadi pilihan utama saya. Tapi, pada saat yang sama, saya akan selalu mencari proyek yang bisa menang, apa pun warnanya," ucapnya.

"Ketika saatnya tiba, prioritas saya adalah motor saya dan selalu begitu. Saya masih percaya pada Honda, meski kami berada di momen yang sulit," imbuh pembalap berusia 30 tahun itu.

Di Le Mans, Marquez sempat finis posisi lima pada sesi sprint race namun kembali nahas mengalami kecelakaan pada balapan utama saat kurang tiga lap dari akhir lomba.

Terlepas dari hasil negatif tersebut, Marquez masih menunjukkan hasrat besar untuk tampil di level tertinggi setelah absen tiga seri sebelumnya di Argentina, Austin dan Jerez akibat patah jempol tangan kanan.

Sementara itu, juara bertahan Francesco Bagnaia memuncaki catatan waktu pada sesi latihan bebas di Mugello. Pembalap Ducati itu kembali lagi tampil setelah cedera pergelangan kaki yang dideritanya dalam kecelakaan terakhir kali di Le Mans.

Lap tercepat Bagnaia di sesi latihan sore mampu mengunggli Marco Bezzecchi (Ducati-VR46) yang hanya tertinggal satu poin di klasemen. Sementara itu, pembalap tim Honda LCR, Alex Rins, menempati posisi ketiga di depan Brad Binder (KTM).

Adapun Fabio Quartararo (Yamaha) hanya bisa mengumpulkan waktu terbaik ke-16 dan harus berjuabg keras untuk bisa lolos ke sesi kualifikasi kedua demi meraih pole position. (AFP/Motorsport/Z-3)

Baca Juga

AFP

Jadwal Asian Games Hangzhou Kamis, 28 September 2023, Final Menembak, Wushu

👤Zubaedah Hanum 🕔Kamis 28 September 2023, 01:05 WIB
HINGGA Rabu, 26 September 2023, Indonesia telah meraih 12 medali di ajang Asian Games 2022 Hangzhou, terdiri dari 3 medali emas, 2 medali...
AFP/Philip Fong

Lengkap! Klasemen Asian Games 2022 Hangzhou dan Jadwal Tanding Kontingen Indonesia

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 27 September 2023, 22:40 WIB
ASIAN Games ke-19 Hangzhou 2022 diselenggarakan pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Tiongkok. Berikut adalah jadwal dan hasil...
Instagram

Tharisa Dea Florentina Rebut Medali Perunggu dari Nomor Sanda Putri 52 Kg

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 27 September 2023, 22:30 WIB
CABOR wushu kembali mendulang medali di ajang Asian Games 2022 lewat kemenangan atlet Tharisa Dea Florentina. Medali perunggu didapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya