Rabu 25 Januari 2023, 15:48 WIB

Perbakin Bidik Dulang Medali di Piala Dunia ISSF

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Perbakin Bidik Dulang Medali di Piala Dunia ISSF

Antara
Ilustrasi

 

INDONESIA menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia Menembak 2023 bertajuk ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023 yang akan mulai bergulir 28 Januari hingga 8 Februari di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta.

PB Perbakin menargetkan sukses dari sisi penyelenggaraan dan mengincar ajang tersebut sebagai arena menguji kualitas atlet-atlet Tanah Air. Meski tnpa target spesifik, Perbakin membidik medali semaksimal mungkin.

"Yang pertama kita mesti sukses dalam penyelenggaran dan kedua kita juga sukses atletnya mendapat medali," Ketua Umum Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto di Lapangan Tembak Senayan, Rabu (25/1).

"Targetnya sebanyak mungkin kita dapat medali dan karena ini juga untuk persiapan Asian Games dan perebutan kuota Olimpiade 2024," imbuhnya.

Lantaran menembak tak dipertandingkan pada SEA Games Kamboja Mei nanti, Perbakin fokus pada Piala Dunia ISSF demi menghadapi Asian Games di Guangzhou, Tiongkok, dan beberapa kejuaraan perebutan tiket Olimpiade Paris.

Indonesia bakal menurunkan 32 atlet di Piala Dunia ISSF. Sesuai aturan, tiap negara pada masing-masing 20 nomor yang dipertandingkan hanya diberi kuota lima atlet yang tiga di antaranya untuk perebutn medali sedangkan dua lainnya hanya memperebutkan poin.

"Keikutsertaan dibatasi oleh ISSF hanya boleh kirimkan satu tim yang tiga untuk (perebutan) medali kemudian dua atlet RPO atau ranking point only," imbuh Joni.

Total ada 33 negara yang akan berpartisipasi dengan total 208 atlet. Ini untuk pertama kalinya Indonesia bisa dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia oleh ISSF setelah sukses menggelar ISSF Grand Prix Rifle/Pistol 2022 lalu di tempat yang sama.

"Tahun ini Piala Dunia digelar empat kali, pertama di Jakarta lalu Kairo (Mesir), kemudian India, setelah itu di Brasil. Kepercayaan ini tentunya karena ISSF melihat kesungguhan Perbakin memajukan olahraga menembak di Indonesia tahun lalu kita dipercaya tuan rumah Grand Prix," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Ramdani

Juara Bertahan Fajar/Rian Terganjal di Perempat Final

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:03 WIB
Dengan hasil ini, Fajar/Rian akan melakukan recovery terlebih dahulu sebelum turun di turnamen Badminton Asia Team Championship (BATC) 2023...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Dejan/Gloria Gagal Penuhi Target di Indonesia Masters 2023

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:25 WIB
Target yang kita harapkan lebih dari delapan besar yah, cuma ya tidak apa-apa, kita udah mati-matian. Kata Gloria seusai pertandingan...
MI/Ramdani

Terhenti di Perempat Final, Jorji akan Evaluasi Diri

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:42 WIB
Tunggal putri berusia 23 tahun itu ingin melakukan evaluasi lagi untuk perbaikan ke depannya supaya bisa bermain lebih konsisten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya