Sabtu 19 November 2022, 06:00 WIB

Jadi yang Tercepat di FP2 GP Abu Dhabi, Verstappen Sebut Setelan RB18 Sudah Pas

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Jadi yang Tercepat di FP2 GP Abu Dhabi, Verstappen Sebut Setelan RB18 Sudah Pas

AFP/Ben Stansall
Pembalap Red Bull Max Verstappen saat tampil di FP2 GP Abu Dhabi.

 

MAX Verstappen melewatkan sesi latihan pertama GP Abu Dhabi namun berhasil keluar sebagai yang tercepat saat FP2, Jumat (18/11), sebelum memuji mobilnya, RB18, serta penampilan pebalap junior Red Bull Liam Lawson.

Lawson, yang mendapat kesempatan untuk menggantikan Verstappen di sesi FP1, mendapati lap terbaiknya terpaut hanya 0,2 detik dari Sergio Perez sebelum menyerahkan kembali RB18 ke Verstappen.

Pembalap Belanda itu kemudian melibas sirkuit Yas Marina dengan lap satu menit 25,146 detik demi mengungguli juara GP Sao Paulo George Russell dari tim Mercedes di posisi kedua dengan jarak 0,341 detik.

Baca juga: Verstappen Buka Suara Soal Menolak Team Order di Interlagos

"Saya rasa mobil ini memiliki peluang bagus. Liam melakukan tugas dengan sangat baik di FP1, tenang dan stabil," kata Verstappen, yang mengincar kemenangan ke-15 dalam musim ini.

"Kemudian FP2, tidak ada masalah berarti. Kami mencoba beberapa hal dan untuk jangka panjang mobil ini bekerja cukup baik, jadi saya sangat senang dengan itu," lanjutnya.

Pembalap Ferrari Charles Leclerc finis ketiga (+0,453) diikuti Lewis Hamilton dari Mercedes (0,615) dan Sergio Perez di mobil Red Bull kedua (+0,706).

Perez, yang finis P4 pada FP1 mencoba sejumlah setelan berbeda untuk menemukan keseimbangan yang pas untuk balapan pada Minggu (20/11) nanti.

"Pagi ini, suhu sedikit menyulitkan, jadi sangat berbeda dari sesi siang. Oleh karena itu, kami harus mempertimbangkan hal tersebut karena itu adalah sesi yang paling mewakili dari akhir pekan ini," ungkap Perez.

Sementara itu, FP1 di GP Abu Dhabi merupakan kesempatan ketiga bagi Lawson latihan di balik kemudi mobil Formula 1 musim ini setelah sebelumnya mendapat dua kesempatan berlatih dengan AlphaTauri.

"Sangat keren," kata pembalap Selandia Baru tersebut. "Pengalaman yang keren bagi saya. Pertama kali secara resmi di Red Bull, jadi sedikit gugup, sebelum sesi, tapi mobil ini sangat-sangat baik."

Sejumlah tim menggunakan sesi latihan pertama balapan penutup musim itu bagi para pembalap muda untuk menjajal kemudi F1.

Pembalap Formula 2 Logant Sargeant asal Amerika Serikat (AS), yang bakal debut di Formula 1 menggantikan Nicholas Latifi di tim Williams apabila ia mampu mencapai poin yang dibutuhkan untuk lisensi supernya, mengambil alih mobil sang pembalap Kanada itu pada sesi latihan pagi.

Sedangkan pembalap Australia Jack Doohan mendapat kesempatan dengan tim Alpine. Kemudian juara dunia Formula 2 Felipe Drugovich meminjam mobil Aston Martin Lance Stroll.

Pembalap IndyCar Pato O'Ward asal Meksiko berlatih mengemudikan mobil McLaren. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/CLIVE MASON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Brawn Pensiun dari Formula 1

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 05:35 WIB
Brawn dikontrak Formula 1 pada Januari 2017 saat Liberty Media mengambil alih kendali balapan jet darat...
DOK/CAF

CAF dan Gravity Enduro Gelar Kompetisi Internasional Enduro Indonesia Series 2023

👤Naviandri 🕔Senin 28 November 2022, 21:05 WIB
CAF bersama Gravity Indonesia memiliki kesamaan visi mengembangkan olahraga luar ruangan, terutama...
Dok. SSI

Disambut Antusiasme Tinggi, Turnamen Livin by mandiri 3x3 Tahun Depan akan Ada Tur Luar Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 17:42 WIB
Sebanyak 32 tim terbaik dari masing-masing provinsi bertanding di bakal The...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya