Minggu 13 November 2022, 16:43 WIB

Bautista Pastikan Gelar Juara Dunia WSBK 2022 di Mandalika

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Bautista Pastikan Gelar Juara Dunia WSBK 2022 di Mandalika

ANTARA/Puspa Perwitasari
Pembalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista berselebrasi usai mengunci gelar juara dunia WSBK 2022 di Mandalika, Minggu (13/11).

 

PEMBALAP Alvaro Bautista keluar sebagai juara dunia World SuperBike (WSBK) 2022. Finis di posisi kedua pada race 2 di Sirkuit Internasional Mandalika, Bautista memastikan gelar juara dunia setelah kokoh di puncak klasemen dengan mengumpulkan 553 poin.

Seri WSBK 2022 memang masih menyisakan balapan di Phillip Island, Australia. Namun, raihan poin Alvaro Bautista sudah dipastikan tidak lagi bisa dilampaui para pesaingnya, termasuk pembalap Turki Toprak Razgatlioglu, yang menempati posisi kedua klasemen WSBK 2022.

"Hari ini sebelum (balapan superpole) saya sebenarnya merasakan sedikit tekanan," kata Bautista dikutip dari Motorsport, Minggu (13/11).

"Sulit untuk mengelola situasi itu. Saya tahu saya telah memainkan banyak balapan sebelumnya, tetapi itu adalah poin balapan terpenting yang saya miliki, dan saya tidak boleh melakukan kesalahan," imbuhnya.

Memiliki jarak yang jauh dengan pera pesaingnya di klasemen juara dunia, Bautista menekankan bahwa yang terpenting dalam balapan ini adalah dia tidak boleh melakukan kesalahan yang membuatnya tidak mendapatkan poin. Karenanya, dia berusaha untuk tetap fokus dan meminimalkan kesalahan sepanjang balapan.


Baca juga: Veda Ega Target Menang di Race 2 IATC Mandalika 2022


"Ada lebih banyak tekanan pada saya, jadi saya hanya berusaha untuk tidak membuat kesalahan. Saya sangat senang, karena bahkan dengan tekanan kejuaraan, kami mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan memenangkan kejuaraan," sebutnya.

Kemenangan Bautista ini tentu sangat spesial bagi tim Ducati Aruba.IT, pasalnya ini merupakan juara dunia pertama yang diraih Ducati sejak Carlos Checa merebutnya pada WSBK 2011. Masa kering kerontang terpanjang dari pabrikan paling sukses di WSBK itu pun akhirnya berakhir.

Sementara itu, pembalap tim Pata Yamaha Razgatlioglu menjadi pembalap tersukses di Mandalika pada musim ini setelah mencetak hat-trick di Sirkuit Internasional Mandalika.

Dalam aksinya, pembalap asal Turki itu keluar sebagai yang tercepat di race 2, race 1, dan superpole race. Kemenangan ini tentu menyempurnakan kegemilangan Razgatlioglu di Mandalika, setelah tahun lalu dia keluar sebagai juara dunia di tempat yang sama.

Ini menjadi kali kedua Razgatlioglu mencetak hattrick di seri WSBK pada musim ini. Sebelum di Mandalika, pembalap berusia 26 tahun itu sudah merangkai hattrick serupa pada seri Donnington Park, Inggris. (OL-16)

Baca Juga

Antara

IESF Bali 14Th WEC 2022 Angkat Ekosistem Esports Tourism

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:56 WIB
PB ESI berharap event tersebut akan terus memberikan kontribusi positif untuk perkembangan industri digital terutama...
ANTARA/Zabur Karuru

Rahmat Erwin Abdullah Juara Dunia, Rizki Juniansyah Raih Perak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:29 WIB
Peraih perunggu Olimpiade Tokyo itu mempertahankan gelar juara dunia yang diraih pada 2021 setelah mencatatkan angkatan total 352 kg (152...
ANTARA/Fikri Yusuf

PB ESI Garis Bawahi Pentingnya Kesehatan Mental dan Nutrisi Bagi Atlet Esport

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:00 WIB
Pola pikir menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan mental, sebab pikiran dan tubuh manusia adalah dua hal yang saling...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya