Minggu 06 November 2022, 22:39 WIB

Selamat, Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Selamat, Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022

AFP
Pembalap asal Italia, Francesco Bagnaia, saat berlaga di MotoGP Valencia.

 

FRANCESCO Bagnaia keluar sebagai juara dunia MotoGP 2022. Gelar kampiun dipastikannya seusai seri terakhir GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada Minggu (6/11) malam.

Bagnaia finis pada posisi delapan di GP Valencia. Namun, hasil itu cukup bagi Bagnaia untuk meraih gelar, karena torehan poinnya tak bisa terkejar sang rival juara musim lalu, yakni Fabio Quartararo (Yamaha).

Quartararo menyelesaikan balapan di posisi keempat dan membuatnya gagal mempertahankan gelar pada tahun ini. Diketahui, Bagnaia total mengemas 265 poin sepanjang musim ini, sementara Quartararo dengan 248 poin.

Baca juga: Menangi GP Malaysia, Bagnaia Perbesar Peluang Juara Dunia

Kemenangan Bagnaia juga menjadi pelepas dahaga bagi Ducati, yang paceklik selama 15 tahun. Pembalap Ducati terakhir kali juara dunia pada 2007 silam, tepatnya ketika era Casey Stoner.

Yang menjadi istimewa, kali ini Ducati juara bersama dengan rider Italia. Tak ayal, Bagnaia mengukir sejarah sebagai pembalap Italia pertama dengan motor Italia, yang merebut gelar juara dunia kelas utama, sejak Giacomo Agostini pada 1972 dengan MV Agusta.

"Saya sangat merasa bahagia. Ini balapan tersulit sepanjang hidup saya. Saya berjuang sekuat tenaga, misi saya berada di urutan lima teratas, tapi setelah tiga putaran, motor saya agak sedikit sulit dikendalikan," ungkapnya.

"Nmaun yang paling penting, kami juara dunia. Ini hari yang besar buat kami dan saya sangat bahagia," imbuh Bagnaia, pembalap berusia 25 tahun.

Baca juga: Perbedaan Moto2, Moto3, dan MotoGP

Pada MotoGP musim ini, Bagnaia sepuluh kali meraih podium termasuk tujuh kemenangan. Hasil itu juga menjadi comeback cemerlang bagi Bagnaia, karena di paruh pertama performanya tak maksimal.

Seusai GP Jerman yang menjadi titik terendahnya musim ini, Bagnaia hanya berada di urutan keenam klasemen dan tertinggal 91 poin dari Quartararo. Namun, dia mampu bangkit meraih lima kemenangan hingga GP Malaysia.

Di lain sisi, perpisahan manis dicatatkan Suzuki. Alex Rins di MotoGP Valencia tampil sebagai pemenang, disusul Brad Binder (KTM) di tempat kedua. Lalu, Jorge Martin (Pramac Racing) pada posisi ketiga.

Rins mempersembahkan podium kemenangan di Valencia itu sebagai kado perpisahan Suzuki, yang musim depan tak akan tampil lagi alias hengkang dari MotoGP.(OL-11)


 

Baca Juga

Antara

Pegolf Tanah Air Ingin Enjoy di Indonesian Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:20 WIB
Meski tak mematok target spesifik, sejumlah wakil Indonesia bertekad bisa mencatatkan hasil terbaik pada turnamen yang juga diikuti pegolf...
HO

IESF Bali 14Th WEC 2022 Akan Cetak Rekor Dunia

👤Widhoroso 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:14 WIB
IESF Bali 14th WEC 2022 akan menjadi ajang esports outdoor dengan jumlah peserta terbanyak di dunia yang akan masuk dalam Guiness Book of...
Antara

Rajawali Open Kesempatan Kedua untuk Deria Nur Haliza

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 November 2022, 23:32 WIB
Dalam aksinya di lapangan tenis The Sultan Hotel, Deria berhasil membuka laga pertama dengan kemenangan. Dia menang telak atas Beatrice...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya