Rabu 02 November 2022, 20:52 WIB

Perbedaan Moto2, Moto3, dan MotoGP

Meilani Teniwut | Olahraga
Perbedaan Moto2, Moto3, dan MotoGP

AFP/Mohd Rasfan.
MotoGP di Malaysia.

 

MOTORCYCLE Grand Prix atau dikenal sebagai MotoGP adalah ajang kejuaraan balap sepeda motor paling bergengsi di dunia yang diadakan setiap tahun. Sejumlah pabrikan motor ternama dunia turut andil beserta pembalap andalan mereka. 

MotoGP saat ini, terbagi menjadi tiga kelas utama, yaitu MotoGP, Moto2, dan Moto3. MotoGP merupakan kelas utama. Tentu terdapat perbedaan di antara ketiga kelas MotoGP tersebut. Ini ya perbedaan di antara ketiga kelas tersebut.

Moto2 

Kelas Moto2 sering dianggap hanya sebagai batu loncatan untuk ke MotoGP. Spesifikasi sepeda motor dan kemampuan pembalap di kelas ini jauh lebih merata daripada MotoGP. Dengan begitu, yang menarik dari balapan kelas ini yaitu kemampuan pembalap di sirkuit dan pengaturan tuning daripada sekadar persaingan teknologi dalam motor. 

Semua sepeda motor di Moto2 wajib menjalankan mesin yang sama. Mesin yang saat ini digunakan di Moto2 ialah Triumph 3-silinder 765cc. Mesin ini sebelumnya juga digunakan dalam perhelatan Moto2 sejak 2019. Ban pada sepeda di Moto2 pun harus dipasok Dunlop. Sistem listrik harus memenuhi persetujuan FIM selaku pengawas balapan. 

Motor di Moto2 memiliki batas berat minimum 217 kilogram atau 478 pon, termasuk berat pembalap. Motor-motor ini mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 295 kph (183 Mph), menghasilkan sekitar 140 BHP (104 KW). Salah satu pabrikan motor yang saat ini mendominasi ajang Moto2 ialah KTM Red Bull dan sejumlah nama lain. 

Moto3 

Moto3 adalah salah satu kelas yang paling menarik karena kompetitif dan tidak didominasi oleh pembalap dan atau tim terbaik. Kelas ini sangat mirip dengan MotoGP. 

Setiap tim diizinkan menggunakan mesin dari produsen yang berbeda. Usia pembalap untuk kelas Moto3 minimum 16 tahun dan tidak boleh lebih dari 28 tahun. usinya boleh 25 tahun untuk pembalap baru yang dikontrak pertama kali serta melalui wild-card. 

Spesifikasi mesin motor yang digunakan dalam Moto3 ialah 250CC satu silinder dengan sekitar 60 horsepower. Kecepatan tertinggi yang bisa ditempuh, yakni sekitar lebih dari 245 kilometer per jam. Sedangkan batas berat minimum yaitu 152 kilogram, termasuk berat pembalap. 

MotoGP 

Kelas MotoGP ialah puncak kompetisi balap motor dunia. Tampaknya, tidak ada ajang kompetisi balap lain yang menandingi MotoGP. 

Soalnya, dalam kompetisi ini, setiap tim pabrikan berhak melakukan inovasi teknologi paling modern terhadap motornya. Tak ayal, spesifikasi motor yang digunakan pada MotoGP merupakan yang paling kuat, tercanggih, dan paling maju di antara kelas Moto mana pun. 

Motor dalam MotoGP biasanya dilengkapi mesin empat silinder 1000cc+. Mesin ini menghasilkan sekitar 250 BHP atau sekitar 186 KW, yang secara rata-rata lebih tinggi daripada mesin yang digunakan di kelas balap lain.

Berat sepeda motor pada MotoGP minimal 157 kilogram. Dengan begitu, semua tim berusaha menjaga berat motor mereka sedekat mungkin dengan batas minimum. Kecepatan motor di atas 350 kilometere per jam (217MPH). (OL-14)

Baca Juga

DOK/CAF

CAF dan Gravity Enduro Gelar Kompetisi Internasional Enduro Indonesia Series 2023

👤Naviandri 🕔Senin 28 November 2022, 21:05 WIB
CAF bersama Gravity Indonesia memiliki kesamaan visi mengembangkan olahraga luar ruangan, terutama...
Dok. SSI

Disambut Antusiasme Tinggi, Turnamen Livin by mandiri 3x3 Tahun Depan akan Ada Tur Luar Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 17:42 WIB
Sebanyak 32 tim terbaik dari masing-masing provinsi bertanding di bakal The...
DOK IST

Pantai Indah Kapuk Jadi Arena Pokemon Run 2022

👤Budi Ernanto 🕔Senin 28 November 2022, 17:00 WIB
Ditargetkan ada 3.500 peserta yang ikut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya