Senin 31 Oktober 2022, 23:07 WIB

Tahun Depan Piala Davis Masuk Kalender Tur ATP

mediaindonesia.com | Olahraga
Tahun Depan Piala Davis Masuk Kalender Tur ATP

ATP
Logo Tur ATP

 

ASOSIASI dan penyelenggara turnamen tenis profesional putra (ATP) mengumumkan untuk pertama kalinya akan memasukkan ajang tenis beregu putra tingkat dunia Piala Davis sebagai bagian dari kalender tur mulai 2023.
 
Tidak hanya itu, kemitraan tersebut juga menggandeng federasi tenis internasional (ITF) dan penyelenggara ajang tenis Kosmos Tennis untuk
memungkinkan kolaborasi strategis pada tata kelola kompetisi.
 
Kualifikasi dan final Piala Davis menjadi bagian resmi dari kalender Tur ATP 2023, yang berlangsung pada pekan ke 5, 37, dan 47.
 
Integrasi tersebut akan mendukung petenis dalam merencanakan jadwal tahunan mereka ketika dipilih untuk bermain di tim nasional Piala Davis mereka. Final akan berlanjut di bawah format yang ada, menawarkan hadiah uang senilai US$15 juta atau sekitar Rp234 miliar pada 2023.
 
"Fokus kami selalu menciptakan pengalaman terbaik bagi para penggemar dan pemain kami. Menghadirkan kompetisi tim internasional yang menarik yang sesuai dengan kalender sepanjang tahun dan terus berinovasi adalah bagian penting dari itu," kata Ketua ATP Andrea Gaudenzi, seperti disiarkan laman ATP, Senin (31/10).


Baca juga: Tampil Sebagai Debutan, Gauff Tantang Garcia di pertandingan Pertama WTA Finals

 
"Piala Davis memiliki sejarah yang sangat kaya dan kami senang melihat aliansi baru yang penting ini mendorong acara ini mulai tahun
2023," imbuhnya.
 
Pengumuman tersebut, menurut Presiden ITF David Haggerty, menandai aliansi baru yang penting antara ITF, Kosmos dan ATP yang semakin memperkuat pentingnya kompetisi tim dan peran unik Piala Davis dalam tenis putra profesional.
 
"Bagian dari jalur kualifikasi Olimpiade, Piala Davis adalah kompetisi tim pria tahunan terbesar dalam olahraga dan kompetisi tim pria tunggal dalam kalender tenis pro di mana tim secara resmi dipilih oleh negara mereka," kata David.
 
"Bersama dengan Piala Billie Jean King putri, ini menunjukkan komitmen penuh ITF untuk menghadirkan turnamen spektakuler yang disukai para pemain dan pertarungan seru antar negara yang disukai penggemar di stadion dan seluruh negara," katanya.

Piala Davis mencatat tingkat partisipasi nasional tertinggi dalam sejarah pada 2022, dengan 137 negara bersaing dalam edisi tahun ini di seluruh tingkat kompetisi. Piala Davis ITF berjalan bersama saudara kandungnya, piala dunia tenis putri, Billie Jean King Cup. (Ant/OL-16)
 

 

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya