Kamis 22 September 2022, 21:13 WIB

FIA Puji Gelaran Formula-e Jakarta

Mediaindonesia | Olahraga
FIA Puji Gelaran Formula-e Jakarta

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Podium Jakarta E-prix 2022

 

FEDERASI otomotif internasional FIA pada Kamis menyatakan balap Formula E-Prix Jakarta merupakan gelaran yang berjalan dengan sukses sehingga layak kembali mendapatkan slot dalam kalender musim 2022/2023.

E-Prix Jakarta, bersama dengan E-Prix Korea Selatan, menjadi arena baru di kalender balap mobil listrik musim lalu, yang dipandang mampu memenuhi ekspektasi dunia motorsport internasional.

"Musim balap internasional 2022 menyajikan tantangan khusus bagi Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Korea Automobile Racing Association (KARA), ketika kedua organisasi ini ditugasi menggelar Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E untuk pertama kalinya. Itu merupakan ujian yang mereka lalui dengan sangat sukses," demikian pernyataan FIA di laman resminya, hari ini.

FIA menegaskan Formula E merupakan balapan yang berbeda daripada kejuaraan balap yang lain karena kompetisi digelar di jalan raya di ruang yang relatif sempit di berbagai kota di dunia.

Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan yang besar atau penundaan yang tak perlu, maka upaya cepat untuk mengevakuasi mobil yang berhenti di lintasan menjadi salah satu faktor penting.

FIA juga mengapresiasi kesigapan para marshal di sirkuit Jakarta yang telah menjalani sejumlah sesi latihan khusus untuk mempersiapkan akhir pekan balapan demi memastikan kesiapan memenuhi tugas penting dan merespons segala insiden yang terjadi di lintasan.

Baca juga: Quartararo Incar Kemenangan di Jepang

Latihan secara teoritis dan praktik itu kemudian dilengkapi dengan simulasi pralomba, dengan dukungan dari pakar motorsport dari Italia Dino Lodola, yang mengawasi jalannya E-Prix Roma.

"Di kedua negara itu, skala dari tantangan mereka tidak bisa diremehkan," kata FIA.

"Jakarta E-Prix yang pertama merupakan ajang motorsport di bawah FIA yang digelar pertama di Indonesia sejak 2006,"

"Setelah berbulan-bulan persiapan yang melelahkan yang menghasilkan tiga balapan Formula E yang aman, sukses, dan menghibur, kembalinya Jakarta dan Seoul ke kalender Formula E untuk musim 9 pada 2022/23 adalah bukti pekerjaan yang dilakukan dengan baik," demikian FIA.

Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E seri ke-12 dan seri ke-13 pada 3 Juni dan 4 Juni tahun depan dari 18 seri yang dijadwalkan di kalender musim 2022/2023.(Ant/OL-4)

Baca Juga

Antara/Dok PB WI

Tim Wushu Indonesia Raih Lima Emas di University World Cup Combat Sports

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 04:30 WIB
University World Cup Combat Sports di Turki merupakan ajang uji coba tim wushu Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Dinilai Sukses, Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 04:15 WIB
Jakarta akan menjadi lokasi penyelenggaraan seri ketiga Kejuaraan Dunia 2023, yang bakal digelar pada 6-7...
ANTARA/Muhammad Ramdan

Sarah Ayu Bersiap Tampil di Kejuaraan Dunia Menembak Reaksi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 03:54 WIB
Sarah punya bekal setelah sukses meraih medali emas kategori Lady Open di kejuaraan menembak IPSC French National Optic Sight 2022, di CNTS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya