Rabu 14 September 2022, 21:15 WIB

Binaraga akan Dipertandingkan di PON Aceh-Sumut

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Binaraga akan Dipertandingkan di PON Aceh-Sumut

ANTARA/Indrayadi TH
Para atlet berlaga pada pertandingan binaraga kelas 65 kg di PON Papua, Jayapura, 4 Oktober 2021.

 

KETUA Umum (Ketum) KONI Pusat Marciano Norman mengumumkan cabang olahraga (cabor) binaraga resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Keputusan itu diambil dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2022 bersama 34 KONI Provinsi, 70 induk cabang olahraga (cabor), 6 organisasi fungsional, yang berlangsung pada 12-13 September 2022, di Jakarta.

"Kita telah duduk bersama, kita bersepakat, bahwa Binaraga ini diputuskan untuk dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatra Utara dengan persyaratan yang ketat," sebut Marciano pada penutupan Rakernas, Selasa (13/9).

Pertandingan cabor binaraga sebelumnya menuai perdebatan karena beberapa atlet dari cabor itu kerap dikaitkan dengan doping. Hal itu jelas bertentangan dengan kampanye yang terus dilakukan oleh KONI Pusat yakni 'Prestasi tanpa Doping'.


Baca juga: PBSI Siapkan Lima Pasangan Baru di Sektor Ganda


Meski telah memastikan binaraga dipertandingkan dalam PON XXI Aceh-Sumut, Marciano menegaskan pihaknya akan tetap melakukan pengetatan tes doping terhadap para atlet.

"Saya minta Ketum Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk konsolidasikan organisasinya," pesan Marciano.

"Apabila ada atlet yang masih doping, atlet dan pelatihnya akan di sanksi seumur hidup tidak dapat bertanding binaraga. Salah satu sanksi lain bila kasus doping masih terjadi, kita akan degradasi organisasi binaraga ini pada keanggotaan KONI," tegas Marciano.

Dalam kesempatan itu, Marciano juga menegaskan bahwa atlet binaraga dapat berprestasi tanpa doping. Marciano mencontohkan bahwa dua atlet binaraga Indonesia yaitu Nilawaty Law dan Ricky Daud menjadi bukti bahwa binaraga mampu berprestasi di tingkat internasional tanpa doping.

Sebagaimana diberitakan, Nilawaty Law beberapa bulan lalu berhasil meraih emas Women’s Physique Model pada Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia 2022 di Maladewa. Sementara Ricky Daud meraih juara 1 Hong Kong WBPF Open 2016. (OL-16)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Panjat Tebing Tatap Olimpiade 2024 dengan Optimistis

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:15 WIB
Veddriq Leonardo berhasil keluar sebagai juara dunia pada kategori speed putra Piala Dunia Panjat Tebing...
ANTARA/Fransisco Carolio

Sean Gelael Kena Penalti, Rifat Pimpin Klasemen Sementara

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:30 WIB
Pembalap dari tim Jagonya Ayam Motorsport hingga SS 8 sebenarnya unggul 2:59.3 atas pasangan Rifat Sungkar/Benjamin Searchy yang berada di...
AFP

Pasangan Baru Fatasya/Kelly Melesat ke Partai Puncak

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:15 WIB
Pertama kali debut sebagai pasangan dan langsung melangkah ke babak final, Fatasya/Kelly mengungkap cara mereka membangun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya