Sabtu 09 Juli 2022, 17:50 WIB

Indonesia belum Pasti ke Semifinal AFF U-19 Meskipun Kalahkan Myanmar

Mediaindonesia | Olahraga
Indonesia belum Pasti ke Semifinal AFF U-19 Meskipun Kalahkan Myanmar

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Indonesia U-19 berpose sebelum berlaga melawan Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19.

 

TIM nasional U-19 Indonesia belum tentu lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 andai mengalahkan Myanmar pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7).

Hal itu dipastikan oleh PSSI melalui Media Officer mereka Bandung Saputra. Menurut Bandung, penentuan peringkat di grup pada turnamen tersebut ditentukan oleh sistem head to head.

"Meski menang atas Myanmar, Indonesia tidak melaju ke semifinal jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol, misalnya 1-1, 2-2 dan seterusnya," ujar Bandung kepada di Jakarta, hari ini.

Dia menjelaskan, kalau Indonesia menang, sementara Vietnam dan Thailand seri, maka ketiga tim tersebut memiliki poin yang sama yakni 11.

Dengan demikian, untuk menentukan peringkat, dibuat klasemen kecil beranggotakan tiga tim itu.

Kalau Vietnam dan Thailand sama kuat tanpa gol, maka Indonesia (selisih gol +11) dan Vietnam (+9) berhak ke empat besar lantaran penilaian dialihkan ke selisih gol terbanyak dalam Grup A. Selisih gol diambil sebagai acuan karena Thailand (+6), Vietnam dan Indonesia sudah saling berhadapan dengan hasil masing-masing 0-0.

Baca juga: Shin Tae-yong tak Pikirkan Laga Vietnam Melawan Thailand

Akan tetapi, misalnya Vietnam dan Thailand imbang dengan gol, kedua tim tersebut yang memastikan slot di semifinal karena Indonesia hanya seri 0-0 ketika melawan mereka.

Namun, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, lalu Indonesia menaklukkan Myanmar, maka anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong langsung ke semifinal bersama Vietnam atau Thailand.

"Indonesia menyegel tempat di semifinal kalau menang berapa pun skornya atas Myanmar dan, di saat bersamaan, Thailand atau Vietnam saling mengalahkan," tutur Bandung.

Kemudian, PSSI memastikan bahwa laga Indonesia melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, akan digelar bersamaan dengan pertandingan Thailand versus Vietnam di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, yakni pada Minggu (10/7) mulai pukul 20.00 WIB.

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi delapan poin dari empat laga (selisih gol +11).

Vietnam menjadi pemuncak Grup A dengan 10 poin dari empat laga (+9) dan Thailand di peringkat kedua dengan poin serta jumlah pertandingan serupa dengan Vietnam tetapi kalah selisih gol (+6). (OL-4)

Baca Juga

AFP/Minas Panagiotakis

Alcaraz Langsung Tersingkir di Babak Pertama Montreal

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:15 WIB
Dia tersingkir pada putaran pertama setelah kehilangan match point pada set kedua dan memberikan kemenangan 6-7(4), 7-6(7), 6-3 atas...
AFP

Zverev Fokus Pemulihan Jelang US Open

👤Ant 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:07 WIB
 Ia baru saja menjalani operasi pada ligamen pergelangan kakinya yang robek saat tampil di French...
dok.ist

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Targetkan Juara di Kejuaraan Parabadminton Internasional

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:43 WIB
INDONESIA kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Para badminton level dunia. Bertajuk FOX’S Indonesia Parabadminton International...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya