Selasa 26 April 2022, 18:40 WIB

PB Djarum Terjunkan Atletnya di Berbagai Turnamen Bulutangkis Eropa

Akmal Fauzi | Olahraga
PB Djarum Terjunkan Atletnya di Berbagai Turnamen Bulutangkis Eropa

dok.PB Djarum
Atlet PB Djarum

 

PB Djarum mengirim sejumlah atletnya untuk mengikuti kejuaraan di Eropa sebagai bagian uji kemampuan di berbagai ajang internasional. Klub yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah ini mengirimkan belasan atlet ke Eropa guna mengikuti tiga kejuaraan di level junior dan dewasa. 

Perjalanan atlet PB Djarum di Benua Biru dimulai di ajang Stockholm Junior International Series 2022 pada 29 April hingga 1 Mei mendatang. Usai tanding di level junior tersebut, para atlet muda ini akan melakoni kompetisi yang lebih berat dengan mengikuti kejuaraan level dewasa Luxembourg Open International Series 2022 pada 5 hingga 8 Mei 2022. 


Terakhir, sebelum kembali ke Tanah Air, atlet-atlet PB Djarum akan berusaha memboyong gelar di kompetisi Borders International U19 2022 yang berlangsung 13 hingga 15 Mei mendatang di Saint Louis, Perancis. 

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin mengatakan, keikutsertaan sejumlah atlet PB Djarum di kejuaraan Eropa merupakan upaya klub dalam mencetak pebulutangkis tangguh baik dari sisi teknik maupun mental yang kelak diharapkan bisa meneruskan tongkat estafet kejayaan bulutangkis nasional.

"Ini merupakan langkah dari PB Djarum agar kita bisa melahirkan atlet-atlet tangguh yang nantinya siap dipanggil untuk membela Indonesia di panggung dunia. Kenapa harus tanding di luar negeri, salah satunya adalah karena kami ingin para atlet muda terbiasa dan tak gentar dengan persaingan level dunia dan menghadapi lawan yang bervariatif,” ujar Yoppy, Selasa (26/4). 

Ia melanjutkan, diterjunkannya atlet muda berlaga di Eropa juga didasari karena ketiadaan turnamen di dalam negeri. Seperti diketahui, sejak pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, berbagai pertandingan olahraga praktis tak berjalan. Hanya satu turnamen bulutangkis skala nasional yang terselenggara yakni Yuzu Isotonic Akmil Open pada November 2021 yang menjadi pemuas dahaga atlet junior merasakan kembali nuansa berkompetisi. 

Padahal, pertandingan merupakan cara paling efektif bagi atlet muda asah kemampuan sebelum naik ke level dewasa.

“Jangankan di Indonesia, di Asia pun kondisinya begitu, turnamen berhenti semua. Mau tidak mau kami cari ke tempat yang lebih jauh yakni Eropa. Karena usia para atlet muda ini kan terus bertambah, mereka harus memiliki jam terbang yang cukup sehingga ketika nanti masuk ke level dewasa, mereka sudah siap membela nama bangsa dengan kemampuan yang mumpuni,” tegas Yoppy.

Dalam turnamen di Eropa ini, PB Djarum mengirimkan total 11 atlet U-19 yang akan bermain di berbagai nomor yakni Jason Christ Alexander (Tunggal Putra), Chiara Marvella Handoyo, Aura Ihza Aulia (Tunggal Putri), Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo, Marwan Faza/Verrell Yustin Mulia (Ganda Putra), Puspa Rosalia Damayanti/Jessica Maya Rismawardani, Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma, Chiara Marvella. 

Handoyo/Aura Ihza Aulia (Ganda Putri), Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani, Verrel Yustin Mulia/Bernadine Anindya Wardana, Patra Harapan Rindorindo/Titis Maulida Rahma, Muh Putra Erwiansyah/Puspa Rosalia Damayanti (Ganda Campuran). Menariknya, dari belasan nama tersebut, sembilan diantaranya masih ‘hijau’ karena belum pernah mencicipi pertandingan di Benua Biru.

Team Manager PB Djarum Fung Permadi mengatakan kesempatan bertanding di kejuaraan luar negeri khususnya di Eropa memiliki dampak positif yang sangat besar bagi pebulutangkis muda. Di tiga kejuaraan yang diikuti, mereka akan menghadapi lawan dengan postur tubuh yang lebih besar dan tenaga yang lebih kuat. Hal ini tentunya menguji kecerdasan atlet muda agar mampu menyusun strategi permainan demi keluar sebagai juara.

“Dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan ini mereka akan tahu seberapa kerasnya persaingan bulutangkis di luar sana. Ini bagus agar mental mereka terbentuk sehingga tak gentar dan percaya diri menghadapi lawan yang posturnya lebih besar dan pukulannya lebih kuat," jelas Fung. (OL-13) 

Baca Juga

Ronald Martinez/Getty Images/AFP

LeBron James Berpeluang Patahkan Rekor Abdul Jabbar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 27 September 2022, 10:54 WIB
Bintang Los Angeles Lakers LeBron James di musim NBA 2022/2023 berhasrat mengangkat skuad untuk kembali lolos...
FOTO/Dok.PBWI

Tim Wushu Indonesia Bawa Pulang Lima Emas dari Turki

👤¬†Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 27 September 2022, 10:23 WIB
Tim wushu Indonesia berhasil membawa pulang lima medali emas dan tiga perak dari ajang World University Sport Combat Games 2022 di...
AFP/Ron Jenkins/Getty Images

Suns Mempertimbangkan Lepas Crowder

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 10:15 WIB
Pebasket berusia 32 tahun itu sebelumnya sempat dirumorkan tertarik untuk kembali ke Miami Heat, tim yang dibelanya pada paruh akhir musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya