Selasa 26 April 2022, 15:00 WIB

Timnas Bola Basket 3x3 Putri Punya Modal Bagus untuk SEA Games Hanoi

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Timnas Bola Basket 3x3 Putri Punya Modal Bagus untuk SEA Games Hanoi

ANTARA/Fikri Yusuf
Pebasket tim Elite Indonesia Dewa Ayu Made Sriartha (kiri) berusaha melewati hadangan pebasket lawan.

 

PELATIH timnas bola basket 3x3 putri Indonesia July Wong mengatakan anak asuhnya mempunyai modal bagus menghadapi SEA Games Vietnam setelah penampilan timnas pada ABL 3x3 International Champions Cup 2022 di Bali, pekan lalu.

Timnas 3x3 putri menempati peringkat ketiga pada turnamen uji coba tersebut. July mengatakan hasil tersebut menjadi awal positif dalam meningkatkan kekompakan antarpemain menjelang SEA Games 2021 pada 12-23 Mei.

"Saya bangga. Anak-anak tidak pernah menyerah, selalu hustle play (bermain cepat). Ini uji coba pertama kami, anak-anak mencoba sistem dan mencari chemistry sesama pemain. Dari pertandingan ini kami bisa evaluasi dan mematangkan chemistry dan sistem," jelas Coach July dalam keterangan tertulis PP Perbasi, dikutip Selasa (26/4).

Baca juga: Jelang SEA Games Vietnam, Jamarr Johnson Sebut Timnas 3x3 Makin Padu

July menjelaskan turnamen tersebut juga membantu untuk melihat progres dan kekompakan skuat agar semakin padu sejak mereka menjalani pemusatan latihan (TC) di GOR CLS Surabaya, akhir Februari lalu.

Dari empat pemain yang diturunkan di ABL 3x3 International Champions Cup 2022, hanya Ayu Sriartha yang pernah bergabung dengan timnas basket 3x3 putri di SEA Games Filipina 2019. Sementara Kimberley Pierre-Louis, Dyah Lestari, dan Nathania Orville baru pertama kali bermain bersama di Bali.

"Kami masih harus terus berbenah, terutama akurasi tembakan. Banyak tembakan di bawah keranjang yang melesat. Masih kurang tenang kemudian terkait transisi offense dan defense," ucap July.

Meski disebut sudah mulai menunjukkan chemistry, July mengatakan timnas 3x3 yang turun di ABL 3x3 belum dipastikan akan dibawa ke SEA Games.

"Di event itu, kami cuma membawa empat pemain untuk melihat chemistry-nya. Tapi kami masih tahap seleksi dan belum final roster," ujar dia.

Capaian timnas 3x3 putri Indonesia di SEA Games 2021 nanti harus lebih baik daripada edisi sebelumnya ketika timnas gagal ke semifinal karena hanya mampu mencatatkan satu kemenangan dari lima laga yang dijalani di babak penyisihan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya