Jumat 01 April 2022, 19:16 WIB

Drawing Piala Thomas-Uber, Indonesia Bertekad Pertahankan Juara Piala Thomas 

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Drawing Piala Thomas-Uber, Indonesia Bertekad Pertahankan Juara Piala Thomas 

Dok. BWF
Hasil Drawing Piala Thomas 2022 yang menempatkan Indonesia bersama Korsel, Thailand, dan SIngapura dalam satu grup

 

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) sudah mengundi fase grup Piala Thomas dan Uber 2022 yang akan digelar di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei mendatang. Pada tim Thomas, Indonesia sebagai juara bertahan sekaligus unggulan pertama berada di Grup A bersama Korea Selatan, tuan rumah Thailand, dan Singapura. 

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan hasil undian akan menjadi tantangan buat Indonesia karena Korsel, Thailand, dan Singapura punya kekuatan masing-masing. Namun, pada edisi lalu Indonesia juga di grup yang berat tapi akhirnya bisa melaju ke final hingga merengkuh gelar juara. 

"Itu menjadi pelajaran dan pengalaman kita, mudah-mudahan nanti bisa maksimal dan mempertahankan gelar juara," kata Rionny nelalui keterangan federasi, Jumat (1/4). 

Di tim Uber, Merah Putih ada di Grup A bersama Jepang, Perancis, dan Jerman. Hasil undian ini terasa unik lantaran persis seperti edisi terakhir. Pada gelaran tahun lalu, tim Uber juga satu grup dengan tiga negara itu. Secara positif, imbuhnya, hal itu bisa menjadi modal belajar dari pengalaman tahun lalu. 

"Positifnya kita sedikit banyak sudah tahu kekuatan masing-masing dan bisa evaluasi lebih baik untuk melawan Jepang, Jerman, dan Perancis. Kalau runner up grup saya yakin mereka bisa tapi untuk juara grup harus lebih bekerja keras," imbuh Rionny. 

Menurutnya, materi pemain lawan tidak akan jauh berbeda karena jarak waktu yang pendek dengan gelarqn edisi terakhir. Meski begitu, kehadiran pemain-pemain baru di tim lawan bakal tetap diwaspadai. 

Baca juga : Empat Wakil Indonesia Melaju ke Perempat Final Orleans Masters

"Mungkin ada satu dua pemain baru yang akan tampil dan itu kita harus waspadai karena permainannya belum diketahui. Intinya kita tidak boleh lengah," tegas Rionny. 

PBSI akan membagi dua tim berbeda karena Thomas dan Uber 2022 berdekatan dengan gelaran SEA Games Vietnam. Tim akan dibagi dengan kekuatan merata dan tidak ada pemain yang ikut di dua ajang tersebut sekaligus. 

"Ini agar persiapan para pemain berjalan lancar dan fokus. Semoga kita bisa meraih prestasi maksimal," ujarnya. 

Pemain ganda putra Fajar Alfian merasa optimistis karena sama seperti tahun lalu diperkirakan tidak ada perbedaan besar dari skuad negara lain. 

"Saya optimis bisa mempertahankan gelar Piala Thomas. pemainnya memang belum ditunjuk, tapi yang jelas siapa pun yang ditunjuk nanti harus siap dan tampil mati-matian," ujar Fajar. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Glyn KIRK

Serena Williams akan Awali Comeback di Wimbledon Kontra Pemain Nonunggulan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:30 WIB
Petenis Amerika Serikat (AS) berusia 40 tahun itu terhindar dari pertemuan melawan nama-nama besar dalam undian yang dilangsungkan Jumat...
AFP/ Ethan Mito/Clarkson Creative/Getty Images

Sixers Datangkan Melton dari Grizzlies

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:45 WIB
Sixers mendapatkan Melton, yang punya rata-rata kontribusi 10,8 poin bersama Grizzlies musim...
AFP/Oli SCARFF

Perenang Indah AS yang Pingsan Saat Bertanding Dilarang Ambil Bagian di Nomor Beregu.

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 10:15 WIB
"Kesehatan dan keselamatan atlet adalah nomor satu. Meski FINA menyadari keputusan ini pasti mengecewakan bagi atlet yang besangkutan,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya