Selasa 01 Maret 2022, 22:52 WIB

Pebulu Tangkis Rusia dan Belarusia Dilarang Tampil di Turnamen Internasional 

Mediaindonesia.com | Olahraga
Pebulu Tangkis Rusia dan Belarusia Dilarang Tampil di Turnamen Internasional 

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi bulu tangkis

 

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Selasa (1/3) mengeluarkan larangan bagi pebulu tangkis Rusia dan Belarusia untuk bertanding di seluruh ajang internasional mulai minggu depan menyusul invasi Rusia ke Ukraina. 

Langkah ini menjadi sanksi terbaru BWF, setelah satu hari sebelumnya juga memutuskan pembatalan turnamen di Rusia dan Belarusia, yang dilakukan sejalan dengan rekomendasi dari dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC). 

Sejak dimulainya operasi militer Rusia pekan lalu, badan-badan olahraga di seluruh dunia telah bergerak melawan Rusia dan Belarusia dengan menolak menjadi tuan rumah atau bermain melawan tim-tim dari kedua negara itu. 

BWF mengatakan larangan partisipasi atlet dan ofisial dari Rusia dan Belarusia akan dimulai sejak German Open pada 8-13 Maret. 

Disebutkan pula sejumlah kecil atlet Rusia yang bersaing dalam dua turnamen bulu tangkis internasional Para back-to-back di Spanyol akan diizinkan untuk berpartisipasi karena mereka telah tiba di lokasi. 

Baca juga : Petenis Ukraina Tolak Pertandingan Melawan Petenis Rusia di Monterrey Open

"Namun, para pemain ini akan bertanding sebagai atlet netral, tanpa bendera atau lagu kebangsaan," BWF menyebutkan. 

Selain BWF, badan renang dunia FINA pada hari Senin membatalkan Kejuaraan Renang Dunia Junior di Kazan, Rusia. Lalu pada hari ini mengumumkan bahwa perenang Rusia dan Belarusia akan bersaing sebagai atlet netral atau tim netral. 

"Tidak ada simbol nasional, warna, bendera yang boleh ditampilkan atau lagu kebangsaan harus dimainkan dalam acara Akuatik internasional yang belum menjadi bagian dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia untuk Rusia," kata FINA. 

Asosiasi Ski Norwegia juga mengumumkan pada hari Selasa bahwa atlet ski kedua negara tidak diizinkan untuk ambil bagian dalam kompetisi akhir pekan ini di Norwegia. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Christophe ARCHAMBAULT / AFP

Swiatek Berpeluang Lampaui Rekor Venus Williams

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:45 WIB
Swiatek kini dalam tren positif seusai menjuarai Prancis Terbuka 2022 lantaran sukses menyamai rekor 35 kemenangan beruntun milik Venus...
AFP/Glyn KIRK

Serena Williams akan Awali Comeback di Wimbledon Kontra Pemain Nonunggulan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:30 WIB
Petenis Amerika Serikat (AS) berusia 40 tahun itu terhindar dari pertemuan melawan nama-nama besar dalam undian yang dilangsungkan Jumat...
AFP/ Ethan Mito/Clarkson Creative/Getty Images

Sixers Datangkan Melton dari Grizzlies

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:45 WIB
Sixers mendapatkan Melton, yang punya rata-rata kontribusi 10,8 poin bersama Grizzlies musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya