Selasa 22 Februari 2022, 12:05 WIB

Sisa 132 Pertandingan Babak Reguler IBL 2022 Digelar di Jakarta

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Sisa 132 Pertandingan Babak Reguler IBL 2022 Digelar di Jakarta

Ant/Gilang Galiartha
Logo Indonesia Basketball League (IBL)

 

KEPASTIAN kelanjutan kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2022 akhirnya menemui titik terang. Setelah ditunda akibat badai covid-19 yang menyerang sejumlah atlet hingga wasit pada seri kedua yang berlangsung di Bandung, kini IBL mengumumkan akan melanjutkan seluruh sisa pertandingan kompetsi pada 3-31 Maret 2022 di Jakarta.

Jika melihat rencana awal, setelah menyelesaikan seri kedua di Bandung, seri ketiga IBL seharusnya di gelar di Yogyakarta dan dilanjutkan dengan Solo, Surabaya dan berakhir di Denpasar pada 31 Maret mendatang. Namun dengan kondisi covid-19 yang tengah meningkat di Indonesia, kelanjutan kompetisi IBL pun diputuskan akan digelar dengan sistem bubble terpusat di Jakarta.

"132 pertandingan (tersisa) pada babak reguler akan berlangsung pada 3 sampai 31 Maret di Gedung Basket Gelora Bung Karno. 132 pertandingan tersebut akan diselesaikan pada 27 match day, " kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam keterangan resminya, Selasa (22/2).

"Ada dua hari istirahat pada kompetisi gelembung babak reguler 3-31 Maret nanti," tutur Junas.

Lebih lanjut Junas menyebutkan, selain kapasitas hotel dan fasilitas penunjang seperti rumah sakit dan lokasi lab tes yang memadai, kesuksesan penyelenggaraan seri 1 di Jakarta juga menjadi alasan pihaknya memilih untuk melanjutkan sisa kompetisi IBL 2022 di Jakarta.

Nantinya, seluruh tim peserta akan menginap terpusat di Hotel Century Park Senayan Jakarta. Lapangan latihan juga berada pada kawasan yang sama yakni GBK Arena Senayan.

"Perubahan format di tengah musim yang dikarenakan lonjakan kasus Covid-19 nasional memang tidak mudah dan waktu untuk persiapan tidak banyak. IBL akan upayakan yang terbaik dan faktor mitigasi terhadap kasus Covid-19 ini menjadi perhatian utama dalam kelanjutan musim kompetisi Maret mendatang," terang Junas.

"Tim peserta IBL akan memasuki gelembung pada 1 Maret tentu dengan clearance bebas Covid-19.  Sebelum memasuki gelembung mereka harus melewati prosedur protokol kesehatan dan kami akan meminta pengawasan lebih diperketat oleh masing-masing Sub Satuan Tugas Covid-19 di masing-masing tim," jelasnya.

Junas mengaku jadwal kompetisi IBL 2022 menjadi sangat padat, sebab pihaknya juga harus tetap mengacu pada jadwal kegiatan tim nasional Indonesia yang juga memiliki agenda padat pada tahun ini.

“Seperti diketahui timnas Indonesia harus bertanding pada Kualifikasi FIBA Asia Zona Asia Grup C pada 24 dan 27 Februari ini, kemudian juga harus berlaga pada SEA Games Vietnam 2021 yang pelaksanaannya diundur pada tahun ini, 12-23 Mei,” jelas Junas.

“Tim nasional akan kembali mengikuti Kualifikasi FIBA World Cup pada awal Juli, kemudian pada 12-24 Juli akan berjuang di FIBA Asia Cup yang akan berlangsung di Jakarta," tuturnya.

Adapun setelah menyelesaikan babak reguler 3-31 Maret, IBL  2022 akan berlanjut ke babak play off setelah lebaran hingga awal Juni 2022. (IBL/OL-13)

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, IBL Tunda Pertandingan 3-5 Februari ...

Baca Juga

ANTARA

461 Perenang dari 14 Negara Ikut Oceanman 2022 di Jimbaran

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:44 WIB
Para peserta berenang secara bergiliran dari titik start Pantai Muaya di area InterContinental Bali Resort,...
AFP/GLYN KIRK

Lolos Ke 16 Besar Wimbledon, Djokovic Merasa Semakin Prima

👤Rifaldi Putra I 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 11:00 WIB
Djokovic tampil luar biasa dalam pertandingan melawan Kecmanovic dengan waktu 1 jam 53 menit untuk menang straight set 6-0, 6-3 dan...
Ist/Twitter Carlos Alcaraz

Masuk 16 Besar Wimbledon, Alcaraz Makin Nyaman dengan Lapangan Rumput

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 10:30 WIB
Alcaraz berhasil menumbangkan petenis Jerman Oscar Otte, di putaran ketiga Wimbledon 2022 hanya dalam tempo 1 jam 38...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya