Senin 24 Januari 2022, 13:51 WIB

F1 GP Australia Wajib Vaksin, Pembalap yang Melanggar akan Dipulangkan

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
F1 GP Australia Wajib Vaksin, Pembalap yang Melanggar akan Dipulangkan

LENN NICHOLLS / AFP
Sirkuit Albert Park di Melbourne, Australia

 

DEMI menghindari terjadiinya kontroversi vaksinasi yang serupa dengan insiden petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dalam keikutsertaanya di Australia Terbuka 2022, Australia Grand Prix Corporation memutuskan seluruh pembalap dan ofisial tim yang akan berpartisipasi di F1 GP Australia 2022 harus wajib vaksin covid-19.

CEO Australia Grand Prix Corporation, Andrew Westacott menegaskan tidak ada toleransi bagi siapa pun yang belum melakukan vaksinasi covid-19 baik itu pembalap maupun seorang CEO untuk dapat memasuki Australia. Jika tidak mematuh aturan tersebut mereka akan dipulangkan.

"Kami telah bekerja sangat erat dengan pemerintah Victoria sepanjang 2021 dan menjelang 2022. Tentu saja, kami telah bekerja sangat, sangat erat dengan Formula 1,” ucap Westacott dilansir dari Motorsports, Senin (24/1).

"Aturannya mudah untuk masuk ke negara ini dan aturannya mudah diterapkan di Formula 1. Untuk datang ke acara tersebut, Anda harus divaksinasi dan tidak akan ada pengecualian bagi siapa pun,"tegasnya.

Dijelaskan Westacott pihak F1 sudah diinformasikan terkait hal tersbut dan mereka telah menyatakan akan mematuhi aturan tersebut.

Baca juga: Tim Aprilia Optimistis Duet Vinales-Espargaro Juarai MotoGP 2022

"Formula 1 telah menyatakan bahwa mereka akan mematuhi aturan di perbatasan yurisdiksi tempat mereka balapan," tuturnya.

"Dan dapat dipastikan, ketika mereka datang ke Melbourne, mereka akan beroperasi dalam sistem yang sangat aman. Itu adalah posisi yang digarisbawahi dan telah ditentukan," imbuhnya.

Setelah sempat absen selama dua musim untuk gelaran F1 akibat pandemi covid-19, Australia kini bersiap membuka kembali Melbourne Grand Prix Circuit untuk Lewis Hamilton dkk.

Dalam kalender F1 musim 2022, GP Australia dijadwalkan berlangsung sebagai seri ketiga yang akan digelar pada bulan Maret 2022, pada gelaran terakhirnya 2019 lalu mantan pembalap Mercedes Valtteri Bottas berhasil merebut podium utama diikuti Lewis Hamilton dan Max Verstappen di tiga besar. (Motorsport/OL-4)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Alcaraz Mengaku Sedikit Tertekan Dipandang Sebagai Calon Bintang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 08:30 WIB
Unggulan keenam berusia 19 tahun itu, dipandang sebagai orang yang bisa mematahkan dominasi Novak Djokovic dan Rafael Nadal di turnamen...
MI/RAMDANI

Dokter Akui Gejala Gagal Jnatung saat Hamil Sulit Dikenali

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:45 WIB
Faktor risiko perempuan mengalami gagal jantung di masa kehamilan adalah hamil pertama di atas usia 35 tahun, hamil lebih dari tiga kali...
AFP/Thomas SAMSON

Krejcikova Batal Tampil di Nomor Ganda Prancis Terbuka karena Positif Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:27 WIB
"Tadi malam, saya sudah merasa tidak enak badan dan, pagi ini, saya bangun dalam keadaan demam. Saya memutuskan menjalani tes covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya