Sabtu 11 September 2021, 10:07 WIB

Bottas Catat Waktu Tercepat di Sesi Kualifikasi Formula 1 GP Italia  

Ilham Ananditya | Olahraga
Bottas Catat Waktu Tercepat di Sesi Kualifikasi Formula 1 GP Italia  

LARS BARON / various sources / AFP
Reaksi pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, di Sirkuit Autodromo Nazionale, Monza, Italia, Jumat (10/9).

 

PEMBALAP tim Mercedes, Valtteri Bottas, akan memulai Sprint Race di posisi terdepan di Autodromo Nazionale Monza. Ia berhasil menjadi yang tercepat dalam kualifikasi Formula 1 Grand Prix Itali, Jumat (10/9) waktu setempat.

Bottas berhasil mengungguli rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton, dengan hanya 0,096 detik dalam hasil dramatis untuk balapan Sprint Qualifying dalam sesi kualifikasi pada hari sebelumnya.

Hamilton sudah lebih dulu memimpin jalan setelah putaran pembukaan kualifikasi ketiga, namun Bottas memaksimalkan flying lap terakhirnya dengan baik.

Bottas mencetak waktu putaran satu menit 19,555 detik untuk mengamankan posisi terdepan untuk Sprint Race GP Itali.

Namun, apapun hasil Sprint Race nantinya pembalap Mercedes asal Finlandia itu tetap akan memulai balapan utama pada Minggu (12/9) dari posisi belakang. Hal itu disebabkan Mercedes yang memutuskan untuk menggunakan power unit keempat.

Untuk posisi ketiga ditempati oleh pemuncak klasemen F1 sementara, Max Verstappen. Keraguan Verstappen dalam mengimbangi kecepatan Mercedes di Sirkuit Monza terbukti benar.

"Monza selalu sulit untuk kami. Tim memiliki lebih banyak masalah dari yang diharapkan dalam sesi latihan bebas pertama. Tetapi di kualifikasi kami berhasil melakukannya dengan bagus," tutur Verstappen.

Kewalahan mendekati Silver Arrows membuat Verstappen sudah tertinggal cukup jauh di awal kualifikasi.

Meski begitu, Verstappen berhasil mendapat posisi ketiga dengan jarak 0,411 detik dari Bottas berkat bantuan slipstream dari rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez.

"Posisi ketiga (kualifikasi) masih bagus dan saya pikir dalam balapan kami yakin bisa mendekati Mercedes," ucap Verstappen.

"Besok (Sabtu) kami bakal punya satu lagi sesi latihan bebas, dan kami bisa melihat apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan race pace. Itu akan sulit, namun saya pikir kami bisa meraih poin yang bagus," lanjutnya.

Setelah melakukan pengorbanan tersebut, Perez hanya bisa menempati posisi kesembilan.

Pasangan McLaren, Lando Norris dan Daniel Ricciardo masing-masing melengkapi posisi lima besar di posisi keempat dan kelima.

Pemenang F1 GP Itali musim lalu, Pierre Gasly, mengamankan posisi keenam. Diikuti duo Ferrari Carlos Sainz Junir dan Charles Leclerc.

Pembalap Alfa Romeo Antonio Giovinazzai akan berbagi baris kelima dengan Perez yang kembali tampil di Q3. (And/Motosport/OL-09)

 

 

Baca Juga

AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Verstappen Dinyatakan Paling Bersalah dalam Tabrakan dengan Hamilton 

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:49 WIB
Pengawas balapan mendapati Verstapen mengerem dengan tiba-tiba dan tidak menentu dan memutuskan sang pembalap paling bertanggung jawab...
Instagram @npcindonesia

Atlet Para Renang Indonesia Berhasil Lampaui Target di AYPG 2021

👤Ilham Ananditya 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:14 WIB
Capaian para renang dinilai sangat mengejutkan, khususnya meraih medali emas. Pasalnya, target awal hanya merebut medali...
MI/Dok NPCI

Atlet-Atlet Putri Sumbang Medali Emas di Para Angkat Berat dan Boccia AYPG

👤Ilham Ananditya 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:08 WIB
Medali emas di kelas 79 kg diraih Dwiska Afrilia Maharani. Disusul medali emas kedua yang dipersembahkan Elsa Dewi Saputri dari kelas +86...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya