Jumat 06 Agustus 2021, 12:35 WIB

Aston Martin Putuskan Ajukan Banding Atas Diskualifikasi Vettel

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Aston Martin Putuskan Ajukan Banding Atas Diskualifikasi Vettel

AFP/FERENC ISZA
Pembalap Aston Martin Sebastian Vettel

 

ASTON Martin, Kamis (5/8), memutuskan akan mengajukan banding terhadap keputusan diskualifikasi Sebastian Vettel di Grand Prix Hongaria dan akan menyajikan bukti baru yang signifikan kepada FIA.

Juara dunia empat kali Vettel finis runner-up di Hungaroring, Minggu, (1/8), di belakang pembalap Alpine Esteban Ocon, yang meraih kemenangan perdananya di Formula 1.

Akan tetapi, pembalap Jerman itu didiskualifikasi setelah FIA tidak mampu mengambil 1,0 liter sampel bahan bakar yang diperlukan pascalomba dari mobil balapnya.

Baca juga: Kilas Balik Karier Rossi di Dunia Balap

Aston Martin, dalam pernyataan resmi, mengatakan data yang ia miliki mengindikasikan masih terdapat 1,74 liter di dalam tangki mobil Vettel.

Tim tersebut juga menyatakan telah meminta hak peninjauan ulang selain mengajukan banding, karena mereka telah menemukan bukti baru yang relevan dengan sanksi tersebut yang tidak tersedia saat steward FIA mengambil keputusan.

Mobil Vettel telah disegel dan disita oleh FIA dan dibawa ke Prancis setelah GP Hungaria saat F1 menjalani jeda musim panas sebelum kompetisi bergulir lagi pada akhir bulan ini.

Tanggal kapan sidang banding itu digelar belum ditentukan, di saat steward kemungkinan akan melihat apakah bukti-bukti baru yang disajikan bisa menjadi landasan untuk peninjauan ulang.

Balapan F1 selanjutnya akan digelar di Belgia pada 29 Agustus.

Diskualifikasi tersebut mempengaruhi klasemen pebalap maupun konstruktor saat juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton dari tim Mercedes naik sebagai runner-up balapan dan mengambil alih puncak klasemen dari Max Verstappen yang kini tertinggal delapan poin.

Kenaikan poin itu juga cukup membuat perbedaan pada pertarungan peringkat tiga konstruktor antara Ferrari dan McLaren, demikian pula Williams, yang mendapati kedua pebalapnya, Nicholas Latifi dan George Russell, finis di zona poin di P8 dan P9 untuk membuat tim naik satu peringkat di klasemen konstruktor. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Humas PBSI

Apriyani/Fadia Jaga Pikiran untuk Tetap Kompetitif di Malaysia Masters 2022

👤Rifaldi Putra I 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:42 WIB
"Jujur memang sulit untuk set pikirannya, tapi ini sudah tanggung jawab kita jadi bagaimana kita membawa diri saja. Kan yang sudah...
ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI

Apri/Fadia tak Tertandingi di Babak Pertama Malaysia Masters

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 13:25 WIB
Ganda putri asal Thailand, Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul menjadi korban pertama dalam perjalanan Apri/Fadia pada turnamen...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Ons Jabeur Capai Semifinal Pertamanya di Grand Slam

👤Rifaldi Putra I 🕔Rabu 06 Juli 2022, 12:51 WIB
Jabeur berhasil memetik kemenangan atas petenis Republik Ceko Marie Bouzkova di babak perempat final Wimbledon 2022 dengan skor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya