Kamis 22 Juli 2021, 03:30 WIB

Tak Mau Pikirkan Lawan, Peselancar Rio Waida Fokus Performa Pribadi di Olimpiade

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Tak Mau Pikirkan Lawan, Peselancar Rio Waida Fokus Performa Pribadi di Olimpiade

Antara/Fikri Yusuf
Peselancar RioWaida saat berlatih di Bali

PESELANCAR Indonesia Rio Waida mengatakan akan fokus pada diri sendiri ketimbang mengkhawatirkan kekuatan lawannya saat berlaga di Olimpiade Tokyo pada Minggu (25/7).

Sejak tiba di Tokyo pada Minggu (18/7), Rio sudah mulai menjajal ombak di Pantai Tsurigasaki yang akan menjadi arena pertandingan cabang selancar ombak Olimpiade Tokyo.

Selama dua hari berlatih, atlet berusia 21 tahun itu sudah mencoba delapan papan selancar untuk mencari papan terbaik yang akan dipakai selama perlombaan.

“Saya mencoba beberapa papan dan sudah menemukan papan yang bagus. Latihan juga berlangsung baik. Ombak hari ini masih kecil tapi menjelang pertandingan akan ada badai, jadi kondisi akan berbeda. Sekarang saya mencoba untuk tetap fit dan siap untuk bertanding,” ujar Rio dalam rilis pers KOI, Rabu.

Meski grogi, Rio mengaku sudah cukup berpengalaman tampil di kompetisi internasional. Pengalaman itu menurutnya bakal membantunya agar bisa tampil lepas dan rileks di Tokyo.

“Pasti ada rasa grogi, tapi karena saya sudah sering ikut pertandingan, sudah mempunyai pengalaman, saya harus rileks dan fokus pada diri sendiri. Jika bisa berselancar seperti biasa pasti saya bisa mengalahkan lawan. Jadi saya harus fokus pada diri sendiri,” ujar atlet yang saat ini tinggal di Bali itu.

Baca juga : Dua Pesepakbola Putri Brasil Cetak Sejarah Olimpiade

Keyakinan yang sama juga dimiliki pelatih yang mendampinginya, Tipi Jabrik. Tipi yakin Rio mampu mengatasi berbagai macam kondisi ombak Pantai Tsurigasaki.

“Kondisi ombak seperti apa pun, kami sudah menyiapkan strategi untuk Rio karena ombak kecil atau besar kemampuannya sudah sangat bagus. Apalagi di Jepang, kondisi air tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Jadi Rio punya kesempatan untuk tampil dengan baik,” katanya.

Rio lolos ke Olimpiade Tokyo setelah Asosiasi Surfing Internasional (ISA) memasukkan namanya dalam atlet yang lolos ke Olimpiade di turnamen kualifikasi terakhir di ISA World Surfing di El Salvador, akhir Mei lalu.

Meski gagal menembus lima besar nomor shortboard putra, Rio berhak atas tiket Olimpiade karena peselancar asal Jepang Shun Murakami, yang melaju ke babak final di El Salvador, sudah dinyatakan lolos saat tampil di ISA World Surfing 2019.

Dengan demikian, slot yang diperoleh Shun Murakami itu dialokasikan ke Rio Waida, yang merupakan peselancar kedua terbaik Asia dalam ISA World Surfing 2019. (Ant/OL-7)

Baca Juga

AFP/ Luis Robayo

Aksi Gigit Kuping Ala Tyson Terjadi Di Ring Tinju Olimpiade Tokyo

👤Widhoroso 🕔Selasa 27 Juli 2021, 19:34 WIB
AKSI gigit kuping seperti yang dilakukan Mike Tyson terhadap Evander Holyfeld pada laga perebutan juara dunia tinju kelas berat dunia 28...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Sempurna di Fase Grup, Hendra/Ahsan Tegaskan Belum Puas

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:49 WIB
Walau sempurna di fase grup, peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon ini mengaku belum lega karena masih ada tantangan lain yang harus...
Antara

Cuaca Ekstrem Ganggu Konsentrasi Arif Dwi di Olimpiade Tokyo

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:43 WIB
Pemanah muda berusia 17 tahun itu pun harus menghentikan langkahnya pada babak eliminasi 32 besar untuk perorangan putra di Olimpiade...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya