Jumat 05 Maret 2021, 14:18 WIB

Porsche Berniat Ramaikan Kompetisi F1

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Porsche Berniat Ramaikan Kompetisi F1

AFP
Mobil milik Porsche yang sudah melaju di GT Masters.

PORSCHE dan induk perusahaan Volkswagen mempertimbangkan untuk ambil bagian di ajang Formula 1 (F1). Namun, keputusan tersebut menunggu arah regulasi terkait mesin mobil F1 Untuk 2025.

Balap jet darat dalam beberapa tahun terakhir mulai melakukan perubahan besar dalam regulasi. Tujuannya, mengikis gap persaingan dan mendorong keberlanjutan dari olahraga balap mobil tersebut.

Dimulai dari reformasi aturan keuangan terkait pembiayaan dan pengembangan mobil, kemudian desain mobil yang lebih mengedepankan aerodinamika. Pada 2025, F1 akan melakukan perubahan regulasi terkait power unit yang mengedepankan prinsip keberlanjutan.

Baca juga: Nikita Mazepin Ambil Pelajaran dari Kesalahan Besar Tahun Lalu

Perubahan terakhir itu membuat Volkswagen Group (VAG) tertarik untuk kembali ke F1.  Selain itu, Porsche telah bermitra dengan Siemens Energy dalam fasilitas eFuel baru di Cile.

“Akan sangat menarik jika aspek keberlanjutan, misalnya penerapan bahan bakar elektronik, berperan dalam hal ini. Jika aspek ini benar dipakai, kami akan mengevaluasinya secara rinci dalam VW Group dan membahas langkah lebih lanjut,” ungkap Wakil Presiden Porsche Motorsport Frizt Enzinger, Jumat (5/3).

Diketahui, Porsche pernah ambil bagian dalam kompetisi F1. Akan tetapi, menjadi bencana saat mereka memasok mesin ke Footwork pada 1991. Hingga akhirnya tim beralih ke Cosworth sebelum akhir tahun tersebut.

Baca juga: Bos Mercedes Nilai Red Bull akan Lebih Kuat di F1 Musim 2021

Porsche juga menjadi bagian dari kemenangan Niki Lauda juara dunia 1984. Serta, Alain Prost jadi kampiun musim 1985 dan 1986 dengan power unit bermerek TAG.

Memasuki 1960, Porsche sempat menjadi tim pabrikan dengan Dan Gurney memenangi Grand Prix Prancis 1962 ketika mengemudikan Porsche 804. Kini, salah satu rumor yang beredar jika nantinya VAG turun ke ajang F1 ialah akan menggunakan merek Porsche atau Audi.

Sejauh ini, belum dapat dipastikan apakah Porsche akan menjadi tim pabrikan atau hanya sebagai pemasok mesin bagi tim eksisting. Dikabarkan, VAG masih melakukan pembicaraan eksplorasi dengan tiga tim, yakni Williams, McLaren dan Red Bull.(Motorsport/BBC/OL-11)

Baca Juga

Twitter @utahjazz

Tanpa Mitchell, Jazz Menyerah dari Lakers Lewat Overtime

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 08:43 WIB
Mitchell mengalami cedera pergelangan kaki kanan di kuarter ketiga saat Jazz menang 119-111 atas Indiana Pacers di laga NBA, Sabtu (17/4)...
AFP/Bryn Lennon

Perez Klaim Seharusnya Bisa Raih Posisi Pole

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 07:52 WIB
Margin sangat tipis 0,035 detik memisahkan Perez dengan pembalap Mercedes Lewis Hamilton yang merebut posisi pole ke-99 dalam kariernya...
Dok MI

Petinju Indonesia yang Capai Perempat Final Olimpiade Tutup Usia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 07:25 WIB
Albert Papilaya, meninggal dunia di Ternate, Maluku Utara, Minggu pukul 00.45 WIB atau 02.45 WIT setelah sebelumnya menjalani perawatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya